Dongkrak Kualitas Pelayanan, Wabup Monitoring Puskesmas Bawang

Jumat 15-02-2019,13:30 WIB

BATANG - Pemkab Batang terus menunjukkan komitmennya dalam mendongkrak kualitas pelayanan para aparaturnya, terutama di sektor kesehatan. Setelah Limpung, Kamis (14/2) kemarin giliran Wakil Bupati Suyono melakukan monitoring ke Puskesmas Bawang.

Dalam aksi turbanya itu, Suyono didampingi pejaat Dinas Kesehatan (Dinkes) serta Camat Bawang. Kegiatan monitoring itu dilakukan untuk mengajak dan memotivasi jajaran ASN dan karyawan agar terus bekerja profesional dalam melayani kesehatan masyarakat. Mereka harus menyiapkan telinganya untuk terus mendengarkan apa yang menjadi keluhan pasien.

ARAHAN - Wabup Suyono saat memberikan arahan terhadap jajaran pegawai Puskesmas Bawang, kemarin. Dia mengajak seluruh staf untuk meningkatkan kualitas layanan. DOK ISTIMEWA

"Saya berharap, para karyawan khusunya Puskesmas Bawang memiliki integritas tinggi, selalu meningkatkan etos kerja, dan melayani dengan hati," pesan dia.

Selain harus ramah kepada pasien, lanjut Wabup, menjadi pelayan publik juga harus selalu menjaga kekompakan di lingkungan internal, sehingga tidak ada ego sektoral yang pada akhirnya merugikan diri sendiri maupun bagi karyawan yang lain. Bagi sebuah puskesmas, penilaian public service menurutnya bukan dari pimpiman atau kepala daerah, tetapi dari masyarakat yang dilayani. Dalam hal ini, bahasa tubuh, senyum, salam sapa merupakan dasar dari pemberian nilai oleh masyrakat.

"Mindset kita sudah saatnya dirubah demi terciptanaya kepercayaan masyarakat terhadap layanan kesehatan di puskesmas," pungkasnya

Sementara Kepala Puskesmas Bawang, Faturohman dalam laporannya menyampaikan, Kecamatan Bawang yang terdiri 6.000 jiwa dan 20 desa, sebagian besar untuk pelayanan kesehatan ke puskesmas tercatat setiap tahunnya hampir 39.000 warga yang datang berobat.

"Artinya setiap harinya Puskesmas Bawang melayani 100 lebih warga bawang yang berobat, belum lagi kalo ada warga dari Kecamatan Palintungan yang ke sini," ujarnya. (fel)

Tags :
Kategori :

Terkait