Gara-gara Buang Puntung Rokok Sembarangan, Hutan Pinus Terbakar

Senin 23-09-2019,10:50 WIB

PADAMKAN API - Ratusan warga Dukuh Panumbangan dan Simendem, Desa Lambanggelun bersama petugas Perhutani, TNI, dan Polri memadamkan api yang membakar hutan pinus di desa itu, kemarin.

PANINGGARAN - Diduga gara-gara ulah perokok yang membuang puntung rokok sembarang di seresah hutan, hutan pinus seluas 2 hektare di Petak 62a RPH Paninggaran, BKPH Paninggaran, KPH Pekalongan Timur di Desa Lambanggelun, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, terbakar, Minggu (22/9) pagi.

Dari sumber Radar Pekalongan, kebakaran hutan ini kali pertama diketahui masyarakat Dukuh Panumbangan dan Simendem, Desa Lambanggelun, sekitar pukul 05.00 WIB. Kebakaran hutan ini lantas dilaporkan ke BKPH Paninggaran, Koramil, dan Polsek Paninggaran.

Menindaklajuti laporan itu, petugas Perhutani BKPH Paninggaran dibantu Koramil Paninggaran, Kodim Pekalongan, Polsek Paninggaran, LMDH Desa Lambanggelun, Kadus Panumbangan dan Simendem, tokoh masyarakat, pemuda, dan ratusan warga dari dua pedukuhan itu bahu membahu memadamkan api.

Proses pemadaman dilakukan melalui jalur satu arah timur, jalur dua dari arah barat, dan jalur 3 arah selatan. Selain itu, untuk mengisolir api petugas juga membuat sekat bakar. Dengan alat seadanya seperti gebyok, cangkul, sabit, parang, tongkat kayu, dan bambu, sekitar pukul 08.00 WIB kebakaran hutan ini bisa dipadamkan.

Untuk mengantisipasi kebakaran yang mungkin terjadi akibat kemungkinan masih adanya bara api, petugas pun berjaga-jaga di pedukuhan tersebut.

Hutan pinus di Blok Simendem ini luas bakunya 21 hektare.

Kawasan ini merupakan hutan produksi dengan jenis tanaman pinus

tahun tanam 1993. Akibat kebakaran itu, luas hutan yang terbakar seluas 2 hektare, dengan tanaman yang terbakar di antaranya 200 pohon pinus, alang-alang, kirinyu, dan senggani.

"Alhamdulilah sejak pukul 05.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB petugas dan ratusan warga bisa memadamkan kebakaran hutan ini," terang Sidul Azis, Petugas Penyuluh Kehutanan. (ap5)

Info Grafis

Kebakaran Hutan Pinus

*kebakaran terjadi di Petak 62a RPH Paninggaran, BKPH Paninggaran, KPH Pekalongan Timur di Desa Lambanggelun, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, terbakar, Minggu (22/9) pagi

*Luas hutan pinus yang terbakar pinus sekitar 2 hektar dari luas 21 hektar

Penyebab

Diduga penyebab kebakaran karena ulah perokok yang membuang puntung rokok sembarang di seresah hutan

Tags :
Kategori :

Terkait