Swadaya, Oi Batang Bersihkan Sungai Hingga Pasang Papan Himbauan

Senin 03-02-2020,12:05 WIB

PEDULI - Sejumlah pegiat Oi Batang tengah memasang papan himbauan yang menyentil para pembuang sampah sembarangan.

BATANG - Tak sekadar menggemari lagunya, para pecinta musik karya Iwan Fals yang tergabung dalam Badan Pengurus Kabupaten (BPK) Oi Batang juga berupaya mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam lirik lagunya, termasuk kepedulian atas lingkungan. Seperti yang dilakukan Minggu (2/2) kemarin, puluhan pemuda Oi turun tangan membersihkan sungai hingga memasang beberapa papan himbauan.

Aksi yang dilakukan untuk menyikapi tingginya intensitas curah hujan itu dimulai dari Desa Kecepak, di mana markas Oi bertempat.

"Kegiatan ini adalah salah satu implementasi dari visi misi ormas Oi, Oi harus peka terhadap lingkungan, kita wajib turun tangan menyikapi ini, setidaknya kita berupaya meminimalisir terjadinya banjir dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar," ungkap Ketua BPK Ormas Oi Batang, Fajar.

Sugito, pembina Oi Batang, merasa bangga melihat kekompakan dan semangat anak anak muda yang tergabung di Ormasnya. Selain dari penikmat lagu lagu karya Iwan Fals, mereka mampu mempraktikannya di masyarakat, meski hanya kegiatan sederhana.

Seorang anggota Oi Batang, Toni Purwanto dari Kalipucang Wetan bahkan mengurungkan rencana berlibur ke puncak demi bisa bergabung dalam aksi bersih-bersih tersebut. "Karena ada kegiatan yang bagus ini, akhirnya saya pilih mengikuti kegiatan ini bersama anak saya," tuturnya.

Selain anggota Oi, banyak juga warga yang ikut turun dalam aksi sosial tersebut, Kuntoro adalah salah satunya. Dia mengungkapkan kegembiraanya atas diadakannya kegiatan tersebut.

"Hampir setiap jumat kami warga Kecepak melakukan kebersihan lingkungan, dan hari ini kami kedatangan banyak orang anggota Oi melakukan bersih bersih dikampung kami, saya sangat terharu" ungkapnya.

Di sela pemasangan papan himbauan, Casono selaku korlap kegiatan mengutarakan bahwa kegiatan itu adalah murni kegiatan sukarela anggota Oi Batang. Bahkan untuk biaya pembuatan papan juga dihimpun secara swadaya anggotanya.

"Alhamdulillah, meskipun hanya sekedar bersih bersih lingkungan dan pasang papan himbauan, ini adalah wujud kecintaan kami terhadap lingkungan," ujarnya.

Menurut Casono, aksi bersih kali dan pemasangan papan himbauan sudah dilakukan di beberapa titik, di antaranya di pasar, pinggir kali, tempat wisata, dan di beberapa kampung. "Harapannya, ini bisa memotivasi masyarakat untuk lebih mencintai lingkungannya," pungkasnya. (fel)

Tags :
Kategori :

Terkait