Peringati Isra' Mi'raj, Siswa Serentak Lantunkan Barzanji

Sabtu 23-03-2019,10:01 WIB

BACA BARZANJI - Para siswa MI Salafiyah Sembungjambu tengah membaca maulidur berzanji dalam rangkaian kegiatan peringatan Isra' Mi'raj, Kamis (21/03). EKA ISDITYA

BOJONG - Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Sembungjambu menggelar rangkaian kegiatan peringatan Isra' Mi'raj, Kamis (21/03). Seluruh siswa dari kelas I hingga kelas VI bersama-sama mengikuti kegiatan yang diisi dengan mauidzoh hasanah serta pembacaan maulidur barzanji.

Demikian diungkap salah seorang pengajar MI Salafiyah Sembungjambu, Maflah, kepada Radar Pekalongan, Kamis (21/03). "Seperti biasa, dalam acara peringatan Hari Besar Islam, sebelumnya barzanjinan dulu. Dan kebetulan hari ini kita memperingati peristiwa Isra' Mi'raj," ujarnya.

Para siswa MI yang dikepalai Herru Susanto itu menggelar rangkaian peringaran Isra' Mi'raj di Masjid Al Ijtihad yang terletak tepat di samping MI Salafiyah Sembungjambu, Kecamatan Bojong. Dalam acara tersebut, para siswa bersama-sama mengumandangkan lantunan sholawat maulidur barzanji yang dipimpin oleh beberapa siswa. Pembacaan maulidur barzanji tersebut sekaligus memaknai betapa agungnya Nabi Muhammad SAW sebagai utusan Allah SWT yang patut untuk senantiasa diteladani.

Dijelaskan pula, para siswa MI Salafiyah Sembungjambu juga rutin melaksanakan amaliah-amaliah aswaja an nahdliyah dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari di madrasah, antara lain pembacaan sholawat nariyah, hingga kegiatan ziarah. Usai pelaksanaan peringatan Isra' Mi'raj tersebut, para siswa juga diajak untuk berziarah mengunjungi makam para ulama di sekitar Desa Sembungjambu.

"Setelah kegiatan ini, insya Allah akan kami lanjutkan dengan kegiatan rutin kami, yaitu ziarah makam. Dan kali ini kami mengunjungi dua makam, yang pertama makam Mbah Kyai Gede Ceper, kedua Makam Kayugeritan," ujar dia.

Dengan beragam kegiatan yang digelar di MI Salafiyah Sembungjambu, besar harapan para siswa dapat senantiasa membiasakan diri dengan kegiatan keagamaan khususnya amaliah an nahdliyah. Sebagai salah satu MI di Kecamatan Bojong, MI Salafiyah Sembungjambu berupaya untuk menyeimbangkan nilai-nilai keagamaan serta nilai-nilai umum dalam kehidupan. (yak)

Tags :
Kategori :

Terkait