Kedubes AS Ajak Pelajar Pekalongan Lanjutkan Studi di Negeri Paman Sam

Kamis 13-04-2023,11:30 WIB
Reporter : Wahyu Hidayat

*Staf Kedubes AS Kunjungi Radar Pekalongan

 

KOTA - Atase Kebudayaan (Cultural Attahce) Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Jakarta, Emily Norris, beserta stafnya, mengunjungi kantor redaksi Radar Pekalongan pada Rabu (12/4/2023). 

 

Kedatangan mereka disambut oleh Direktur dan GM Radar Pekalongan, Ade Asep Syarifuddin, Pemimpin Redaksi dan Penanggung Jawab Radar Pekalongan Online, Dony Widyo Haryanto, Manager Iklan Abdurrahman, Redaktur Pelaksana M Ainul Atho, serta beberapa awak redaksi Radar Pekalongan.

 

Tujuan kunjungan Emily dan stafnya adalah untuk berkenalan, berdiskusi, dan memperkenalkan program-program pendidikan, beasiswa, budaya, serta pertukaran pelajar, pemuda, mahasiswa Indonesia, terutama dari Pekalongan, yang ingin melanjutkan studi di Amerika Serikat.

 

Emily Norris menjelaskan bahwa Pemerintah AS melalui Kedutaan Besarnya di Jakarta membuka kesempatan lebar bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia untuk menimba ilmu di AS. Prioritas utama Kedubes AS Jakarta di Indonesia adalah mempromosikan pendidikan, dan pendidikan juga merupakan salah satu dari enam tujuan utama dalam Komprehensif Kemitraan AS-Indonesia.

 

Untuk itu, terdapat banyak program pendidikan, budaya, beasiswa, kepemudaan, serta pertukaran pelajar dan pemuda yang tersedia untuk para pelajar SMA atau sederajat di Indonesia. Selain itu, ada juga program beasiswa, pendidikan, kursus, dan peningkatan kemampuan lainnya bagi mahasiswa, sarjana, dan profesional dari Indonesia yang ingin belajar di AS.

 

Beberapa program tersebut meliputi EducationUSA, Youth Programs, the Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI), Fullbright Programs, Professional Exchange Programs, dan banyak lagi.

 

Misalnya Youth Programs, atau lengkapnya The Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES) Program, itu sudah dimulai sejak 20 tahun lalu. Program ini memberi kesempatan para pelajar SMA/sederajat dari negara dengan mayoritas Muslim untuk belajar selama satu tahun akademik penuh di AS. 

Kategori :