Januari, 22 Kejadian Pohon Tumbang Timpa Jaringan PLN

Jumat 21-02-2020,15:04 WIB

*) Selama Musim Penghujan Masyarakat Diminta Waspada

TEBANG - Sejumlah petugas dari PLN tengah melakukan pemotongan pohon dan ranting yang menempel atau dekat jaringan listrik. Dengan pemotongan tesebut makan tidak terjadi gangguan listrik. Istimewa

KAJEN - Selama musim penghujan di bulan Januari 2020 kemarin, tercatat ada 22 kejadian pohon tumbang menimpa jaringan PT PLN ULP Kedungwuni. Untuk itu masyarakat diminta waspada guna mengantisipasi hal hal yang tak diinginkan.

Untuk diketahui kejadian pohon bambu yang patah menimpa jaringan listrik PLN Banjar Negara, Kamis (20/02/2020) di Jalan Raya Binangun Desa Werdi Kecamatan Paninggaran telah menelan korban jiwa. Bambu yang dalam kondisi basah usai diguyur hujan tersebut mengenai kabel listrik dan arus merambat hingga ke daun.

Bagi warga yang melintas di jalan raya dan terdapat pohon atau ranting tumbang sebaiknya untuk berhati hati. Sebab aliran listrik tersebut tidak terlihat secara kasap mata.

Kemudian apabila ada pohon atau ranting yang dekat dengan jaringan agar tidak melakukan pemotongan sendiri. Karena hal tersebut cukup membahayakan baik pemotong ataupun orang lain.

Manager Area PLN Kedungwuni, Rifki Ade Ardiansyah, ketika dihubungi Radar, Jumat (21/02/2020) mengatakan semenjak musim penghujan ada beberapa gangguan yang terjadi pada jaringan PLN. Yakni terutama karena tertimpa pohon atau ranting yang ada di tepi jalan.

"Pohon roboh selama Desember 2019 kemarin tercatat ada 83 kejadian yang menimpa jaringan PLN. Kemudian di

Januari 2020 ada 22 kejadian yang tersebar di ULP Kedungwuni seperti di Karanganyar, Kesesi, Kajen ataupun Wonopringgo, " katanya.

Adapun kejadian itu juga termasuk pohon yang menimpa saluran ke rumah pelanggan. Dengan adanya kejadian kejadian yang mengakibatkan listrik padam tersebut masyarakat untuk lebih waspada agar tidak kesetrum.

"Diharapkan masyarakat lebih peduli, apabila ada pohon yang dekat nyaris menimpa jaringan. Untuk itu bisa segera dilaporkan PLN 0285 (123) dan jangan sampai dipotong atau tebang sendiri karena itu cukup membahayakan, " katanya.

Seperti diberitakan, Naas menimpa seorang karyawati Koperasi Mekar Paninggaran, Widia Nahiul Hikmah (21), Kamis (20/2/2020). Pasalnya korban meninggal dunia usai tersengat listrik di Jalan Dukuh Binangun Desa Werdi Kecamatan Paninggaran. Korban meregang nyawa saat berusaha menghindari pohon bambu yang roboh, namun menggantung ditengah jalan dan bambu menempel jaringan listrik. (Yon)

Tags :
Kategori :

Terkait