5 Tips Memilih Diapers Agar Kulit Bayi Tidak Iritasi, Tidak Mudah Bocor dan Nyaman Dipakai

Sabtu 19-08-2023,06:56 WIB
Reporter : Elif Hudayana
Editor : Elif Hudayana

RADARPEKALONGAN – Orang tua baiknya tau tips memilih diapers agar kulit bayi tidak iritasi. Dengan begitu bayi akan merasa nyaman dan orang tua pun tidak perlu khawatir masalah lainnya.

Dengan diapers yang tepat bayi juga bisa leluasa bergerak, tidak mengalami gatal-gatal, dan anti bocor. Sebaliknya, saat diapers yang digunakan tidak sesuai dengan kebutuhan maka orang tua akan kerepotan mengatasi kebocoran bahkan anak rewel karena merasa tidak nyaman.

Bagi sebagian orang mungkin diapers bisa dipilih begitu saja, asal harga cocok dan bisa menyerap pipis bayi. Padahal tidak sesederhana itu.

Orang tua perlu memperhatikan beberapa indikator yang akan mempengaruhi keamanan dan kenyamanan pemakaian diapers. 

Hal itu juga berfungsi untuk meminimalisir risiko iritasi pada kulit bayi akibat pemakaian diapers. Lalu bagaimana tips memilih diapers agar kulit bayi tidak iritasi dan aman digunakan? Perhatikan beberapa hal berikut ya.

1. Pilih Diapers dengan Bahan yang Aman

Untuk menemukan diapers yang bagus, maka tipsnya adalah pilih popok yang terbuat dari bahan aman, lembut, dan bebas dari bahan kimia. 

BACA JUGA:Mantap Bund, Ini 7 Manfaat Minum Susu Secara Rutin untuk Anak, Tidak Hanya Segi Fisik tapi Juga Daya Pikir!

Jika terdapat kandungan bahan kimia di dalamnya maka popok akan memicu iritasi atau alergi pada kulit bayi. Sebisa mungkin pilihlah diaper yang aman, bebas dari lateks, parfum, pewangi, dan klorin.

2. Pilih Diapers dengan Daya Serap Tinggi

Selain demi keamanan dan kenyamanan orang tua juga bayinya, memilih diapers dengan daya serap tinggi berguna untuk mengurangi risiko iritasi. Sebab popok harus bisa menyerap kelembapan agar kulit bayi selalu kering dan terhindar dari ruam.

Gunakan popok yang disertai dengan indikator kelembapan sehingga orang tua bisa dengan mudah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti diapers. Selain itu, orang tua juga perlu memastikan perekat diapers kuat dan tidak mudah terlepas.

Hal ini tidak lain demi kenyamanan bayi dan juga menghindari kebocoran yang bisa terjadi sekalipun popok belum terisi banyak.

3. Perhatikan Fitur Diapers

Tips memilih diapers agar kulit bayi tidak iritasi dan aman berikutnya adalah dengan memperhatikan fitur yang ada pada diapers. Beberapa fitur yang baiknya ada yaitu kemampuan penyerapannya baik, memiliki garis indikator kebasahan sehingga memudahkan orang tua mengetahui waktu pergantian popok, dan daya renggang atau keelastisitasan popok.

Kategori :