Tak Hanya Bersertifikasi, Produk UMKM Batang Diminta Tetap Jaga Kualitas

Selasa 05-09-2023,19:40 WIB
Reporter : Novia Rochmawati
Editor : Dony Widyo

BATANG, RADARPEKALONGAN - Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Batang, Wahyu Budi Santoso meminta UMKM untuk meningkatkan kualitas produknya.

Tak hanya sekadar mendapatkan izin saja, tetapi tetap menjaga kualitas produk secara berkelanjutan. 

Oleh karenanya, pihaknya menggelar Bimbingan Teknis Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Bagi Pelaku UMKM di Kabupaten Batang di Hotel Dewi Ratih, Selasa (5/9/2023). 

"Kami bersama dinas terkait, seperti Kemenag dan juga BPOM untuk bisa mengedukasi terkait perizinan BPOM dan produk halal. Kita prihatin, banyak produk makanan yang beredar saat ini belum sesuai standar. Sehingga kami ingin mengedukasi, agar produk UMKM di Batang tetap menjaga kualitas," ujar Wahyu. 

Baca juga : Harga Beras Rp14 Ribu Per Kilo, Pedagang : Bukan Naik Lagi tapi Ganti Harga

Baca juga : Gelar Pilketos Rasa Pemilu, SMAN 2 Batang Ajak Siswanya Tak Golput

Pelatihan ini diikuti oleh 30 UMKM di Batang. Lewat 30 UMKM ini, diharapkan nantinya mereka turut mengajak UMKM lainnya, untuk bisa mendapatkan sertifikasi halal atau BPOM, dan juga meningkatkan kualitas produk.

"Hingga tahun ini sudah ada sekitar 28 Ribu izin usaha yang sudah kami keluarkan. Tetapi memang Karena keterbatasan anggaran, kami harap nantinya para peserta ini bisa menginfluence teman yang lainnya, untuk meningkatkan kualitas produknya. Sehingga untuk produk makanan bisa menyehatkan dan tidak membahayakan," pungkasnya. (Nov)

Kategori :