6 Daun Penghilang Flek Hitam Terbaik, Cara Alami Bikin Wajah Glowing Awet Muda Paling Mudah dan Aman

Jumat 15-09-2023,16:15 WIB
Reporter : Elif Hudayana
Editor : Dony Widyo

Daun yang memiliki nama latin Moringa oleifera ini sudah secara turun-temurun dijadikan jamu tradisional. Selain untuk kesehatan tubuh, juga untuk perawatan kulit seperti  mengatasi jerawat dan flek hitam.

Kandungan daun kelor ini bisa melindungi sel penghasil keratin, yakni keratinosit  dari kerusakan akibat stres oksidatif. Hal ini dibuktikan dalam jurnal Biomedicine and Pharmacotherapy tahun 2018. 

BACA JUGA:Ternyata, Ini Bedak Wardah Penghilang Flek Hitam Terbaik untuk Usia 40 Tahun ke Atas yang Bikin Wajah Mulus

BACA JUGA:7 Krim Pencerah Wardah dalam Waktu Singkat, Efektif Bikin Wajah Glowing Nggak Pakai Lama!

Kerusakan sel keratinosit sendiri bisa mengarah pada cedera epidermis atau lapisan terluar kulit yang menyebabkan flek hitam. Campurkan bubuk daun kelor dengan air madu dan air jeruk nipis. Pakai bahan tersebut untuk sebagai masker wajah.

6. Daun katuk

Tidak hanya untuk pelancar ASI, daun katuk bisa untuk membantu mengurangi tampilan flek hitam di wajah, lho.

Daun ini punya kandungan luar biasa berupa senyawa bioaktif seperti quercetin, mannitol, dan niacinamide. Niacinamide adalah zat  turunan vitamin B3 yang biasa dijadikan kandungan skincare untuk mengatasi pigmentasi kulit.

Senyawa tersebut akan menghambat proses pemindahan pigmen ke sel kulit, jadi kulit tampak lebih cerah. 

Bisa juga untuk membantu produksi protein kulit dan mempertahankan kelembapannya agar kulit tidak mudah rusak. Flek hitam pun tidak semakin memburuk atau bahkan lebih cepat pudar.

Meskipun bahan alami aman digunakan, tetap lagukan cek terlebih dahulu ya. Cobalah pakai bahan alami tersebut di kulit tangan untuk mengetahui kecocokan kulit kamu. (*)

Kategori :