Baru Pertama Pelihara Kucing, Yuk Kenali Ciri-Ciri Kucing yang Sedang Sakit, Penting untuk Dikenali!

Sabtu 16-09-2023,14:16 WIB
Reporter : Naufal
Editor : Dony Widyo

Ciri-ciri kucing yang sedang sakit yang mungkin udah sekali untuk diketahui adalah, menurunnya nafsu makan, bahkan tidak jarang juga muntah.

Biasanya gejala ini akan muncul, ketika kucing mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu, penyebab kucing muntah bisa karena sakit perut ringan, keracunan  makanan, bahkan juga bisa karena mabuk perjalanan, ketika dibawa pergi jauh.

Perlu diperhatikan juga, kucing muntah terus menerus juga bisa menjadi tanda yang cukup serius, seperti penyakit ginjal, radang pancreas serta penyumbatan usus.

Oleh karena itu, langkah paling tepat adalah segera membawanya ke dokter hewan, dan disana biasanya akan diberikan suplemen, seperti vitamin ataupun mineral.

BACA JUGA:3 Tanda-tanda Kucing Tertular Penyakit Rabies, Awas Bisa Menular Pada Manusia

4. Dehidrasi

Biasanya kucing yang sedang sakit, akan mengalami dehidrasi, hal ini disebabkan karena kucing tidak mau makan dan minum.

Ketika kucing sedang mengalami dehidrasi, biasanya mereka akan sangat lemas dan lebih cenderung banyak mengantuk.

Selain itu, untuk memastikan apakah kucingmu sakit atau tidak, kamu bisa memegang kulit yang ada di dekat tulang belikatnya secara lembut, kemudian menarikanya ke atas, dan lepaskan.

Jika kulit kucing kembali cepat ke tempatnya, berarti kucingmu tidak dehidrasi, namun jika tidak kembali cepat artinya kucingmu sedang mengalami dehidrasi.

BACA JUGA:Gara-gara Aniaya Kucing, Pemuda Ini Diamankan Polisi

5. Penurunan berat badan

Ciri-ciri kucing yang sedang sakit ternyata juga bisa dilihat dari berat badannya lho, sebab jika kucing mengalami penurunan berat badan yang cukup drastic, bisa menjadi tanda sedang mengalami sakit.

Nah untuk mengetahui apakah kucingmu mengalami penurunan berat badan secara drastic atau tidak, kamu harus sering merabai sepanjang tulang rusuk dan tulang belakangnya.(*)

Kategori :