Dapat Dilakukan di Rumah, Inilah 9 Tanaman Sayur yang Bisa Ditanam Menggunakan Metode Hidroponik

Sabtu 16-09-2023,19:44 WIB
Reporter : Yanuar Faturahman
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN - Pada artikel kali ini akan dibahas tentang beberapa tanaman sayur yang bisa ditanam menggunakan metode hidroponik yang dapat kalian ketahui.

Tanaman sayur merupakan tanaman yang memiliki waktu panen yang singkat. Rata-rata tanaman sayur sudah dapat dipanen pada saat berumur empat minggu setelah tanam.

Selain dapat ditanam secara konvensional pada media tanam berupa tanah, tanaman sayur yang bisa ditanam secara hidroponik juga banyak jenisnya.

Hidroponik adalah salah satu cara budidaya tanaman yang saat ini sedang populer, khususnya untuk tanaman sayur. Alih-alih menggunakan tanah, hidroponik menggunakan air sebagai media tanamnya.

Biasanya tanaman sayur yang ditanam menggunakan hidroponik tergolong mudah dalam perawatannya dan dapat dilakukan sendiri di rumah.

Oleh karena itu bagi kalian yang baru belajar seringnya tidak mengalami kesulitan dalam menanam sayur secara hidroponik.

Baca Juga: Anti Gagal, Inilah 7 Cara Merawat Tanaman Hidroponik agar Tumbuh Subur dan Bebas Penyakit

bercocok tanam menggunakan metode hidroponik diketahui dapat menghasilkan sayuran yang lebih sehat, karena menggunakan bahan-bahan alami dan juga dapat produktif memanfaatkan lahan yang terbatas.

Buat kalian yang tertarik untuk belajar bercocok tanam menggunakan metode hidroponik tidak perlu khawatir. Berikut ini ada beberapa contoh tanaman sayur yang bisa ditanam secara hidroponik dirumah dan mudah dalam perawatannya.

9 Tanaman Sayur yang Bisa Ditanam Menggunakan Metode Hidroponik

1. Selada

Tanaman sayur yang bisa ditanam secara hidroponik yang pertama yaitu selada. Selada memiliki sistem perakaran yang dangkal, sehingga cocok apabila dibudidayakan secara hidroponik.

Selada yang dibudidayakan menggunakan metode hidroponik memiliki masa panen yang lebih singkat daripada selada yang dibudidayakan secara konvensional, yakni sekitar 50 sampai 60 hari setelah tanam.

Selada yang dibudidayakan menggunakan metode hidroponik biasanya menghasilkan daun yang berkualitas tinggi sehingga banyak diminati untuk dijadikan sayuran pendamping untuk salad.

Baca Juga: Mudah Dilakukan, Inilah 7 Jenis Tanaman Hidroponik yang Cepat Panen, Buktikan Sendiri Di Rumah

Kategori :