6 Cara Menjaga Kesehatan Jantung, Salah Satunya Rutin Minum Suplemen Vitamin B12

Rabu 20-09-2023,15:51 WIB
Reporter : Saiful Ibad
Editor : Akhmad Saefudin

Jangan sampai kamu sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan kurang bergizi. Sebab imbasnya bisa mengarah kepada kesehatan jantung. 

Lebih baik kamu konsumsi makanan yang sehat seperti sereal, ikan, kacang, gandum, sayuran dan buah-buahan. Makanan tersebut mengandung vitamin B12 yang dapat mengatasi masalah kesehatan jantung. 

Selain itu kandungan kolesterol baik yang ada pada makanan ini cukup tinggi. Cocok untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab kolesterol baik ini efektif dalam mengontrol jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh. 

Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan asupan cairan tubuh dengan air putih. Air putih dapat memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh. 

3. Kurangi Makanan Gorengan

Cara menjaga kesehatan jantung yang paling simpel adalah dengan mengurangi makanan gorengan. Sebab di dalam makanan gorengan tersebut terdapat lemak trans, lemak jenuh dan kadar kolesterol tinggi. 

Oleh karena itu, kurangin makanan seperti susu kaya lemak, tahu goreng, tempe goreng, dan sebagainya yang dimasak melalui penggorengan. 

Risiko yang dapat dirasakan bagi dirimu adalah timbulnya penyakit jantung. Kolesterol jahat yang menumpuk di dalam tubuh memiliki peluang besar untuk menyumbat peredaran aliran darah. 

Sangat berbahaya kalau sampai kolesterol dalam darah jumlahnya sudah menumpuk banyak. Maka untuk menjaga kesehatan jantung sebaiknya mulai dari sekarang hindari makanan yang digoreng. 

4. Rutin Berolahraga

Orang yang sering melakukan olahraga dan malas berolahraga sudah pasti akan berbeda. Biasakan berolahraga setiap 30 sampai 30 menit agar tubuh tetapn bugar. 

Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah melalukan olahraga secara rutin. Olahraga fisik yang dilakukan setiap hari 20 menit dapat membuat tubuh bugar. 

Lakukan olahraga sebelum kamu berangkat ke kantor. Kegiatan olahraga yang dilakukan setiap pagi akan membuat jantung lebih sehat. 

Jarang berolahraga akan membuat jantung tak terlatih memompa darah ke seluruh tubuh. Sempatkan waktu untuk berolahraga agar kinerja jantung dapat berfungsi secara optimal. 

5. Berhenti Merokok

Asap rokok yang berpotensi yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit kronis organ jantunhg. Risiko apabila tetap merokok berpuluh tahun dapat mengalami penyakit jantung koroner. 

Kategori :