Tidak Perlu Takut Lagi, Inilah 9 Cara Merawat Kaktus Mini, Pemula Juga Bisa Melakukannya

Jumat 22-09-2023,16:15 WIB
Reporter : Yanuar Faturahman
Editor : Dony Widyo

Baca Juga: Calon Pembeli Wajib Tahu, Inilah 5 Tips Membeli Tanaman Hias Secara Online, Tidak Usah Takut Layu Lagi

4. Intensitas Cahaya

Tanaman kaktus diketahui membutuhkan sinar matahari setidaknya 4 sampai 6 jam setiap hari agar dapat tumbuh dengan optimal. Oleh karena itu, apabila kalian ingin meletakkan kaktus di dalam rumah sebaiknya letakkan tanaman tersebut di dekat jendela. 

5. Pemupukan

Agar kaktus dapat tumbuh dengan optimal, kalian perlu memupuk tanaman tersebut secara rutin setiap 1 bulan sekali sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Kalian dapat menggunakan pupuk NPK karena pupuk tersebut mengandung unsur hara yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman kaktus.

Perlu diingat bahwa dalam melakukan pemupukan, kalian tidak perlu memberinya terlalu banyak karena justru dapat membuatnya menjadi semakin panas.

Baca Juga: Tidak Perlu Takut Lagi, Inilah 9 Cara Merawat Tanaman Hias untuk Pemula

6. Pengendalian Hama

Tanaman kaktus diketahui cukup mudah terserang hama seperti tikus, keong, kecoa, kutu dan cacing. Oleh karena itu kalian perlu menjaga lingkungan sekitar agar selalu bersih sehingga tidak mengundang hama untuk datang.

Apabila ada indikasi serangan hama, kalian dapat menggunakan pestisida yang bisa dibeli di toko pertanian. Namun sebelum menggunakannya, bacalah terlebih dahulu aturan pakai dari pestisida tersebut.

7. memindahkan Posisi Kaktus Secara Berkala

Memindahkan posisi kaktus secara berkala bertujuan agar tanaman tersebut tetap bisa menerima asupan sinar matahari yang merata dan dapat membuatnya lebih kebal serta mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Baca Juga: 8 Jenis Tanaman Hias Hidroponik yang Mudah Dirawat, Cocok Sebagai Dekorasi untuk Mempercantik Rumah

8. Suhu dan Kelembapan

Usahakan untuk meletakkan tanaman kaktus pada tempat yang tidak terlalu lembab karena kaktus akan mudah busuk jika hidup pada tempat yang terlalu lembab.

Kategori :