Jadi Eksportir Papan Atas, Ini 6 Daerah Penghasil Kopi Terbesar di Indonesia

Rabu 11-10-2023,10:30 WIB
Reporter : Ana Miratus Sholekhah
Editor : Wahyu Hidayat

RADARPEKALONGAN - Indonesia merupakan salah satu produsen kopi terbesar di dunia, dan ada 6 daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia.

Pada survei yang dirilis oleh International Coffee Organization pada 2020, Indoneia menempati peringkat 5 besar. Di atas Indonesia merupakan Brazil, Vietnam, dan Kolombia.

Dalam laporan tersebut, tepatnya Indonesia tercatat memproduksi kopi sebanyak 11,95 juta karung kopi.

Lantas, dari mana saja tepatnya sejumlah besar kopi yang dihasilkan Indonesia ini berasal? Berikut merupakan 5 daerah di Indonesia yang menempati peringkat teratas penghasil kopi di Indonesia.

BACA JUGA:Mengenal Lebih dalam Eksistensi Kopi di Indonesia, Dari Dunia Hingga Masuk ke Nusantara

Baca juga Meningkatkan Percaya Diri dalam Berkomunikasi: 8 Tips dan Trik yang Efektif

1. Jawa

Tidak hanya menjadi daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia, Pulau Jawa juga dikenal tersohor dengan produksi kopi Arabikanya yang memiliki cita rasa tinggi di kalangan pecinta kopi.

Jawa juga terkenal dengan produk kopi tertua sekaligus terbaik di dunia yang dinamai dengan Old Java. Jumlah besar kopi yang dihasilkan oleh Jawa hingga pernah memonopili pasar kopi di dunia, membuat Java juga dijadikan istilah pengganti kata kopi di luaran sana.

Lebih spesifik lagi, Jawa Timur merupakan daerah di wilayah Pulau Jawa yang memberikan sumbangsih terbesar pada produksi kopi di Indonesia. Provinsi ini memiliki total area perkebunan kopi yang mencapai 89.894 hektare.

Jawa Timur yang merupakan wilayah dengan banyak gunung api membawa keberkahan kepada tanahnya, di mana abu vulkanik dari berbagai erupsi di kawasan Jawa Timur berkontribusi dalam menyuburkan tanah.

Hal ini membuat area perkebunan kopi di Jawa Timur dianggap tidak kalah dengan wilayah lain di Indoenesia.

Dalam hal kopi yang dihasilkan, Jawa Timur menyumbang hingga 9,7 persen dari total koomoditas kopi di Indonesia.

2. Sulawesi

Sulawesi yang dahulu dikenal dengan nama Celebes juga menjadi daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia.

Kategori :