Jadi Aktivitas Favorit, Ini 4 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari yang Harus Kamu Tahu

Jumat 20-10-2023,11:24 WIB
Reporter : Ana Miratus Sholekhah
Editor : Dony Widyo

Manfaat minum kopi di pagi hari di antaranya dapat membantumu terhindar dari stress dan depresi. Hal ini merupakan hasil dari kandungan antidepresan dalam kopi yang bisa menjaga suasana hati tetap seimbang.

Kenyataan ini adalah bukti bahwa kamu membutuhkan kopi di pagi hari. Karena, suasana hati yang buruk dan stress dapat mengganggu aktivitas sehari-harimu dan menunrunkan produktivitas. Bahkan dalam jangka panjang, situasi ini dapat memicu depresi dan penurunan kualitas hidup.

Meminimalisir Risiko Diabetes Tipe 2 dan Penyakit Jantung

Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap insulin. Hal ini kemudian berakibat pada penurunan risiko diabetes tipe 2.

Kafein dalam kopi juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung karena terdapat kandungan asam klorogenat di dalamnya.

Mencegah Alzheimer

Dengan kandungan kafein dalam kopi yang lebih mudah diproses oleh tubuh karena kopi merupakan zat cair, kamu bisa mendapatkan manfaat perlambatan penurunan fungsi otak karena proses penuaan.

Kandungan dalam kopi yang satu ini dapat menjaga kesehatan otak, sehingga mengonsumsinya secara rutin dapat membantumu menurunkan berbagai kondisi kesehatan yang berkaitan dengan fungsi otak mulai dari penyakit demensia, Alzheimer, hingga penyakit Parkinson.

Baca juga Bisa untuk Diet! Ini 6 Cara Minum Kopi untuk Menurunkan Berat Badan dengan Efektif

Berbagai manfaat minum kopi di pagi hari, terutama, tersebut dapat kamu dapatkan jika konsumsi yang kamu lakukan dalam dosis yang cukup dan tidak berlebihan. Sedangkan mengonsumsinya tanpa aturan justru bisa membuatmu berada dalam situasi yang buruk.

Contoh sederhananya, konsumsi kopi yang berlebih dapat membuatmu mendapatkan gangguan tidur, gelisah, jantung berdebar, hingga gangguan pencernaan. Oleh karena itu, selalulah ingat untuk mengonsumsi sesuatu dalam kadar yang secukupnya. (*)

Kategori :