Ternyata Tidak Hanya Baik untuk Mata, Ini Dia 8 Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu!

Jumat 20-10-2023,19:58 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

RADARPEKALONGAN - Sebagian kamu mungkin mengira bahwa manfaat vitamin A hanya untuk mata, namun ternyata banyak manfaat vitamin A untuk kesehatan yang mungkin belum kamu tahu.

Lalu, apa saja manfaat dari vitamin A untuk kesehatan? Bagaimana cara memenuhi kebutuhan vitamin ini? Temukan jawaban lengkapnya di sini.

BACA JUGA:Inilah 5 Suplemen Vitamin A Terbaik agar Mata Sehat dan Daya Tahan Tubuh Kuat

BACA JUGA:Terbebas dari Penyakit di Masa Tua, Inilah 7 Rekomendasi Vitamin Otak Terbaik untuk Lansia

Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan 

1. Kesehatan Reproduksi

Vitamin A memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan sistem reproduksi. Pada wanita, vitamin A mendukung kesehatan sel telur dan perkembangan janin selama kehamilan.

2. Sistem Kekebalan Tubuh yang Kuat

Vitamin A memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat. Ini membantu tubuh untuk menghasilkan sel-sel darah putih, yang berfungsi sebagai pertahanan alami tubuh melawan infeksi. Tanpa cukup vitamin A, sistem kekebalan tubuh mungkin tidak mampu melawan infeksi dengan efektif

3. Pertumbuhan dan Perkembangan yang Sehat

Vitamin A sangat penting selama masa pertumbuhan dan perkembangan. Ini mendukung pertumbuhan tulang dan perkembangan sel-sel tubuh yang sangat penting, terutama pada anak-anak. Kekurangan vitamin A selama masa ini dapat menyebabkan masalah pertumbuhan dan perkembangan.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Tanpa asupan vitamin A, mata kita akan berhenti memproduksi pigmen ini yang kemudian menyebabkan rabun senja. Kondisi ini disebabkan oleh mata yang sulit menyesuaikan diri dengan cahaya redup atau tidak dapat melihat di malam hari sama sekali.

Vitamin A juga berperan penting dalam melindungi kornea mata, yaitu lapisan luar mata yang transparan. Dengan asupan vitamin A yang cukup, kita dapat mengurangi risiko terbentuknya katarak yang menyebabkan penglihatan kabur.

5. Memelihara Kesehatan Tulang

Kategori :