Anti Insomia! 7 Mineral dan Vitamin untuk Tidur Nyenyak, Ampuh Atasi Overthingking

Minggu 22-10-2023,00:30 WIB
Reporter : Saiful Ibad
Editor : Akhmad Saefudin

3. Triptofan

Kandungan mineral triptofan ini dapat memproduksi serotonin dan melatonin. Serotonin dapat membuat kamu terhindar dari rasa cemas berlebihan. 

Sementara melatonin dapat menjadikanmu tidur lebih nyenyak. Makanan seperti daging ayam, kacang tanah, kedelai, ikan, telur dan susu dapat mengatasi gangguan tidur. 

Triptofan ini bagus untuk mengaktifkan melatonin agar membuat cepat tidur. Sehingga waktu untuk overthingking pun tidak ada.

4. Zinc

Melansir dari penelitian terbaru Acta Facultatis Medicae Naissesnsis (2022), Zinc dapat membuat tidur lebih nyenyak. 

Cukup penuhi asupan mineral zinc ini sebanyak 30 mg setiap hari dapat menigkatkan kualitas tidur. Kamu bisa konsumsi susu, telur, dan biji labu. 

Keluhan kurang tidur pun dapat teratasi dengan kandungan mineral ini. Sebab asupan mineral zinc ini bisa mengatasi rasa cemas berlebihan.

5.  Vitamin B Kompleks

Vitamin untuk tidur nyenyak bisa didapatkan dari B kompleks. Gabungan dari vitamin B1, B2, B6 dan B12 yang dapat meningkatkan kualitas tidur nyenyak. 

Asupan vitamin B kompleks dapat membuat otot rileks. Sehingga ketegangan saraf dapat diminimalisir. 

Salah satu vitamin yang dapat membuat tingat stres turun adalah B6. Vitamin B6 ini dapat menghilangkan tingkat stres berlebih. 

Ada beberapa suplemen vitamin B kompleks yang dapat diminum untuk membuat tidur lebih nyenyak. Sehingga tubuh pun terasa lebih segar ketika bangun. 

6. Vitamin C

Salah satu vitamin untuk tidur nyenyak dan menghindari sleep apnea. Kondisi dimana terhentinya sistem pernapasan saat tidur.

Seringkali sleep apnea ini membuat tidur tidak nyenyak karena harus terbangun-bangun. Vitamin C dapat menyembuhkan sleep apnea sehingga bisa tidur secara pulas sepanjang malam. 

Kategori :