Pemula Wajib Coba, 5 Tips Cara Menanam Sanseviera dengan Benar, Cocok untuk Halaman Rumah Sempit

Senin 23-10-2023,22:01 WIB
Reporter : Hilman Muhammad
Editor : Akhmad Saefudin

Disamping lebih murah, harga jual yang ditawarkan tidak terlalu tinggi. Pilihlah pot yang terdapat lubang pada bagian bawah. Hal ini dapat mengeluarkan kelebihan air dalam pot, dikarenakan sanseviera tidak bisa hidup dengan banyak air.

2. Media Tanam

Memperhatikan media tanam dalam penanam sanseviera juga bagian penting agar tanaman tumbuh baik.

Sebelumnya, kamu harus tahu dulu jenis sanseviera apa yang kamu tanam. Karena menyesuaikan dengan media tanam yang kalian butuhkan.

Misalnya, untuk variates yang membutuhkan cukup air, kamu dapat menyiapkan media tanam berupa pasir malang, sekam bakar dan pupuk organik dengan komposisi 1:1:1.

Jika variates kering, kamu membutuhkan media tanam yang sama seperti variates yang membutuhkan cukup air namun dengan komposisi 2:1:1.

3. Penyiraman Sanseviera

Tips cara menanam sanseviera dengan benar, berikan air pada sanseviera secukupnya. Jangan berikan dengan kelebihan air.

Hal demikian, sanseviera merupakan tanaman yang menyukai media kering. Kemudia, sesekali sanseviera juga terkena sinar matahari agar proses pertumbuhan cepat dan maksimal.

4. Pemupukan Sanseviera

Tak hanya memerlukan air, tips cara menanam sanseviera dengan benar juga membutuhkan pupuk agar tumbuh subur.

Berikan pupuk yang tidak mudah larut. Kamu menggunakan pupuk NPK 15-15-15 setiap 3 bulan sekali dengan takaran 1 sendok setiap pot yang mempunyai ukuran 15 cm.

Selain pupuk NPK, bisa gunakan pupuk kompos maupun pupuk daun setiap 1 minggu supaya sanseviera dapat tumbuh subur.

5. Repotting

tips cara menanam sanseviera dengan benar yang terakhir, lakukan repoting pada sanseviera. Karena sanseviera termasuk tanaman berkembang biak dengan tunas, apabila sanseviera ini terus tumbuh maka akan sesak.

Maka itu, perlu adanya repoting pada sanseviera dengan mengganti pot dan media tanam serta memisahkan tunas baru dari tanaman induk agar lebih indah.

Kategori :