Mengenal 8 Pola Diet yang Benar, Batasi Porsi Makanmu dengan Piring yang Lebih Kecil

Selasa 31-10-2023,10:30 WIB
Reporter : Tuflichatul Ummul
Editor : Akhmad Saefudin

6. Perbanyak serat

Serat adalah salah satu nutrisi yang sangat bagus untuk orang-orang yang sedang diet. Ini bisa kamu peroleh dari buah-buahan atau sayur. 

Mengonsumsi serat akan membuat kamu merasakan kenyang lebih lama, serta secara tidak langsung juga menyehatkan sisitem pencernaan. 

BACA JUGA:Inilah Pentingnya Memperhatikan Jam Makan Malam untuk Diet, Supaya Bisa Kurus

7. Kurangi makanan yang mengandung banyak gula dan lemak

Makanan yang mengandung banyak gula dan juga lemak sangat perlu dihindari. Gula akan meningkatkan jumlah kadar gula dalam darah, yang akan menyebabkan diabetes, obesitas dan beberapa penyakit lainnya. Belum lagi kandungan kalorinya yang cukup tinggi.

Sementara itu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak yang berlebihan seperti goreng-gorengan, akan membuat perut buncit, ukuran badan membesar, dan berat badan bertambah.

Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung keduanya, yakni gula dan lemak. . 

8. Minum air putih sebelum makan

Pola diet yang terakhir ini juga sangat penting, minum air putih sebelum makan, akan membuat kamu merasa lebih cepat kenyang sehingga asupan makanan yang masuk ke tubuh akan lebih sedikit.

Selain itu tidak hanya sebelum makan, minum air putih secara rutin juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebab air putih dapat meningkatkan metabolisme dan proses pembakaran lemak yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. 

Gimana nih, beberapa hal di atas cukup mudah untuk dilakukan bukan? Semoga dengan mengikuti pola diet yang benar seperti di atas kamu akan berhasil untuk menurunkan berat badan. 

Untuk mengetahui jumlah asupan kalori harian kamu, kamu bisa terlebih dahulu menghitungnya. Jika masih ragu, mungkin kamu bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu. (*)

Kategori :