Mengenal 8 Pola Diet yang Benar, Batasi Porsi Makanmu dengan Piring yang Lebih Kecil

Selasa 31-10-2023,10:30 WIB
Reporter : Tuflichatul Ummul
Editor : Akhmad Saefudin

2. Makan sebelum lapar

Makan sebelum merasa lapar sebenarnya cara yang bisa disiasati untuk makan secara berlebihan. Sebab biasanya saat kita merasa lapar, maka nafsu makan kita jadi tidak terkontrol.

Jika makannya tidak terkontrol, hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Padahal sebenarnya diet ini diniatkan untuk menurunkan berat badan. 

3. Kurangi kebiasaan ngemil yang kurang sehat

Sebenarnya saat kamu sedang diet, tetap diperbolehkan untuk ngemil, hanya saja pilihlah camilan yang sehat dan alami seperti buah, sayur, kacang-kacangan, atau yogurt. 

BACA JUGA:Camilan dari 5 Kacang Ini Cocok Sebagai Makanan untuk Orang Diet

BACA JUGA:Pengen Ngemil Tapi lagi Diet? 7 Snack Camilan Rendah Kalori di Minimarket Ini Bisa Jadi Pilihan Ngemil Enak

Hindari untuk makan camilan seperti biskuit, kue kering atau makanan-makanan lain yang diolah dengan tambahan lemak dan gula yang menjadi pantangan saat diet.

4. Gunakan piring kecil

Menggunakan piring kecil merupakan salah satu cara untuk pola diet yang benar. Sebab dengan menggunakan piring kecil maka secara tidak langsung akan mewujudkan ilusi bahwa makanan yang kita ambil menjadi terlihat seperti jumlah porsi yang banyak.

Ini akan berbeda dengan ketika kita menggunakan piring besar. Kita tidak akan merasa puas kan jika makannya hanya sedikit saja, padahal tempat yang tersedia sangat besar.

Sehingga penggunaan piring kecil ini secara tidak langsung akan mengurangi jumlah porsi makanmu, yang mana jumlah kalori yang masuk pun bisa lebih sedikit.

BACA JUGA:Solusi Diet untuk Remaja, 4 Ide Menu Bekal Sekolah Kekinian yang Lezat, Bergizi, dan Rendah Kalori

5. Kunyah makanan secara perlahan

Saat kamu mengunyah makanan secara perlahan, maka secara tidak sadar ini akan sedikit menurunkan gairah atau selera makanmu.

Selain itu jika kamu mengunyah makanan lebih lambat, ini juga akan membuat kamu merasa lebih cepat kenyang, sehingga kamu tidak akan makan secara berlebihan.

Kategori :