Jenis Garam untuk Diet yang Paling Aman untuk Kesehatamua

Senin 06-11-2023,18:37 WIB
Reporter : Tuflichatul Ummul
Editor : Dony Widyo

Jika mengonsumsi garam lebih dari seharsunya maka bisa saja menimbulkan beberapa efek samping, seperti penyakit kardiovaskuler, tekanan darah tinggi, dan sakit jantung. 

Nah biasanya makanan yang kita makan tanpa kita sadari menghasilkan banyak garam, seperti makanan cepat saji, makanan kemasan atau kaleng, atau bahkan camilan-camilan pinggir jalan. 

Kamu bisa mencoba untuk mulai mengurangi konsumsi garam, kamu bisa ikuti beberapa tips berikut ini ya, siapa tahu dengan mengurangi konsumsi garam, akan membuat tubuhmu menjadi lebih sehat.

BACA JUGA:Contoh Menu Diet Hipertensi, Bisa Kamu Ikuti di Rumah untuk Mencegah Darah Tinggi

Tips Diet dengan Mengurangi Konsumsi Garam 

1. Kurangi pemakaian garam pada masakan

Gunakan garam sesuai kebutuhan, taburkan garam benar-benar secukupnya saja. Kemudian sebaiknya masukkan garam di saat sudah hampir matang, agar kandungan tidak larut. 

2. Batasi penggunaan penyedap rasa atu bumbu instan

Biasanya produk bumbu instan ini juga mengandung cukup tinggi garam, oleh karenanya berilah bumbu-bumbu instan ini sesuai dengan takaran masakan. 

3. Batasi makan cepat saji

Biasanya makanan cepat saji mengandung cukup tinggi garam, oleh karena itu batasi konsumsinya. Di samping itu makanan cepat saji juga biasanya diolah menggunakan minyak yang cukup banyak dan ini tidak menyehatkan. 

BACA JUGA:7 Makanan Diet Sehat Rendah Kalori, Tidak Akan Membuat Kamu Gemuk

4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Sayur dan buah adalah jenis-jenis makanan yang memiliki kandungan garam yang cukup rendah, dan sementara itu tinggi akan kandungan vitamin, mineral, serat dan proteinnya. 

5. Cek bahan-bahan pada produk kemasan 

Sebaiknya pilihlah makanan yang bahannya mengandung garam yang cukup rendah. Biasanya kandungannya di bawah 140 mg per sajian.

Kategori :