Penyebab dan Ciri Mata Katarak, Tidak Hanya Terjadi pada Usia Lanjut, Anak Muda Juga Bisa Terkena

Jumat 17-11-2023,06:35 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

RADARPEKALONGAN - Katarak adalah penyakit mata yang umum terjadi pada usia lanjut. Yuk simak lebih lanjut tentang penyebab dan ciri mata katarak.

Mata merupakan salah satu indra utama manusia yang berfungsi untuk melihat. Mata yang berfungsi dengan baik dapat membuat manusia dapat membaca, melihat warna, dan lain sebagainya.

Namun, seperti organ tubuh lainnya, mata juga memiliki risiko terkena penyakit atau mengalami kerusakan.

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan mata katarak sebagai penyakit orang tua. Mata katarak mudah dikenali dari warna mata yang berubah menjadi abu-abu akibat lensa mata yang keruh, sehingga menyebabkan penurunan daya penglihatan.

Namun, katarak tidak selalu disebabkan oleh penuaan. Beberapa kondisi seperti genetik, kecelakaan, paparan radiasi, dan penyakit lainnya juga dapat memicu terjadinya katarak.

Yuk, kenali lebih jauh mengenai katarak, mulai dari definisi, penyebab, dan gejala katarak! 

BACA JUGA:Ini Dia 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak yang Suka Main HP, Semuanya Wajib Bunda Aplikasikan!

BACA JUGA:Luar Biasa Efeknya! Ternyata 8 Khasiat Jambu Biji Dapat Mencegah Penyakit Katarak

Banyak orang beranggapan bahwa katarak hanya muncul karena faktor penuaan. Namun, ada banyak faktor yang dapat memicu terjadinya katarak, mulai dari kebiasaan hingga faktor genetik.

Karena katarak merupakan penyakit yang berkembang seiring berjalannya waktu, penderita katarak mungkin tidak menyadari bahwa kebiasaan yang dilakukannya dapat meningkatkan risiko terkena katarak.

Berbagai penyebab mata katarak adalah sebagai berikut:

1. Usia Tua

Mata katarak umum terjadi pada usia lanjut. Akibat proses penuaan, protein dalam lensa mata akan menumpuk pada lensa mata, membentuk lapisan keruh yang menutupi lensa.

Lensa yang awalnya jernih kemudian akan berubah menjadi keruh, dengan penglihatan yang kemudian menjadi kabur.

2. Diabetes

Kategori :