Ini Dia Kebiasaan Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Lansia agar Tidak Mudah Sakit dan Selalu Sehat

Senin 13-11-2023,19:40 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

Berkenalan dengan orang baru dan menjalin hubungan yang baik dengan mereka dapat membantumu terhindar dari rasa kesepian, gangguan mental, atau kesulitan lain yang mungkin muncul seiring bertambahnya usia.

3. Menjaga Daya Ingat Tetap Kuat

Tidak hanya tubuh, tetapi otak juga perlu berolahraga agar tetap aktif. Tujuannya adalah untuk menjaga otak tetap sehat dan daya ingat tetap kuat. Tidak hanya itu, melatih otak untuk tetap aktif juga berguna untuk mencegah penurunan kemampuan kognitif dan gangguan memori pada lansia.

Semakin aktif kamu, maka ketajaman otak dan daya ingat akan meningkat. Hal ini sangat penting terutama bagi lansia yang merasa pekerjaannya sudah tidak menantang lagi, atau mereka yang sudah pensiun.

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk melatih daya ingat dan kemampuan berpikir, seperti bermain teka-teki atau teka-teki silang di waktu luang. Selain itu, cobalah untuk melakukan aktivitas yang baru dan berbeda setiap harinya.

BACA JUGA:Daftar Buah yang Sehat untuk Lansia Tinggi Vitamin, Bikin Badan Bugar Seperti Anak Muda

Kamu juga bisa melatih daya ingat agar tetap kuat dengan mengambil rute yang berbeda saat jalan pagi, atau bahkan menyikat gigi dengan tangan yang berbeda.

Memperbanyak jenis kegiatan yang kamu lakukan setiap hari sangat bagus untuk membantu mempertajam daya ingat, terutama bagi para lansia.

4. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Secara Teratur

Bertambahnya usia ternyata meningkatkan risiko mengalami berbagai penyakit. Tak heran jika para lansia sangat rentan terkena berbagai penyakit serius. Penyebab umumnya adalah sistem kekebalan tubuh yang semakin melemah.

Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan, lansia perlu melakukan pemeriksaan rutin ke dokter.

Hal ini bertujuan agar lansia dan anggota keluarga lainnya dapat memantau kondisi kesehatannya secara rutin.  Dengan begitu, jika muncul gejala-gejala tertentu, lansia dan keluarga bisa segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut atau mengambil tindakan.

Hal ini karena semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mendiagnosis dan merawat lansia, semakin buruk kondisi mereka.

BACA JUGA:Bermanfaat agar Tubuh Tidak Lemas, Inilah Manfaat Vitamin B12 untuk Lansia

Selama perawatan, kamu harus mencatat perkembangan kesehatan lansia. Selain itu, rutinlah minum obat sesuai anjuran dan resep dokter.

Jika obat menimbulkan efek samping, konsultasikan dengan dokter untuk menggantinya dengan obat lain.

Kategori :