Ini Dia 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak yang Suka Main HP, Semuanya Wajib Bunda Aplikasikan!

Kamis 16-11-2023,22:56 WIB
Reporter : Nadia Damayanti
Editor : Ainul Atho

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, bunda bisa menggabungkan aturan 20-20-20 ini dengan bermain di luar ruangan. 

4. Mengatur Pencahayaan

Idealnya menggunakan hp sebenarnya harus dibatasi selama dua jam setiap hari. Namun, bagi anak-anak yang sudah kecanduan hp tentunya terkesan tidak mungkin bisa dilakukan.

BACA JUGA:Atasi Mata Buram, Ini Dia Buah dan Sayur yang Bagus untuk Mata

BACA JUGA:8 Rekomendasi Jus Buah Cegah Mata Buram agar Penglihatan Tetap Normal

Nah, bunda bisa menyikapinya dengan mengatur pencahayaan pada hp dalam mode tidak terlalu cerah. Dengan pencahayaan yang tidak terlalu cerah tentunya anak akan merasa bosan karena gambar terkesan tidak tajam.

Tidak hanya itu saja, dengan pencahayaan hp yang tidak terlalu cerah juda dapat membuat mata tidak merasa lelah dan buram.

Selain pencahayaan pada layar hp, bunda juga perlu memperhatikan pencahayaan pada ruangan agar tidak kontras dengan pencahayaan pada hp. Caranya hindari ruangan yang redup, karena dapat membuat kontras dengan hp menjadi berlebihan.

Pencahayaan antara ruangan dan hp ini sangatlah perlu diperhatikan ya bun. Sebab, bila pencahayaan antara ruangan dan hp terasa kontras dapat menyebabkan mata tidak nyaman.

BACA JUGA:Mengandung Vitamin A, 8 Jus Buah Segar untuk Mata, Terbukti Ampuh Atasi Gangguan Penglihatan

BACA JUGA:Ini Dia 8 Jus Buah untuk Mata Buram Kaya Multivitamin, Cegah Gangguan Penglihatan

5. Memberikan Anak Asupan Vitamin dan Mineral yang Cukup

Ternyata tidak hanya tubuh ya bun yang membutuhkan asupan vitamin dan mineral. Namun, mata juga membutuhkan nutrisi tersebut.

Vitamin yang baik untuk kesehatan mata adalah Vitamin A, C, dan V yang mana dapat mengurangi mata dari macular degeration atau sebuah gangguan pada retina mata.

Vitamin dan mineral dapat juga diperoleh dari buah-buahan dan sayur mayur, seperti wortel, brokoli, bayam, stroberi dan kentang. Makan ikan seperti salmon juga sangat direkomendasikan untuk kesehatan mata.

Itulah 5 tips menjaga kesehatan mata anak yang suka main hp.  Selain mengaplikasikan kelima tips tersebut, bunda juga perlu memeriksakan mata si kecil secara berkala minimal 2 tahun sekali.

Kategori :