Cerita Nabi Musa Singkat: Kisah Mukjizatnya di dalam Al-Quran, Mendatangkan Wabah dan Musibah untuk Firaun

Sabtu 18-11-2023,18:45 WIB
Reporter : Diyah Feronika
Editor : Dony Widyo

Beliau adalah orang yang mengemban risalah, dan mukjizat ini bagian dari bukti dari status kenabian beliau. 

Sebagian umat menerima risalah yang disampaikan itu, namun tidak sedikit juga yang menentangnya, termasuk raja yang berkuasa saat itu, Firaun. 

Berikut ini, ringkasan mengenai mukjizat Nabi Musa selama periode kenabiannya yang sudah tertulis di dalam Al-Quran: 

BACA JUGA: Deretan Nama Sahabat Nabi yang Jarang Diketahui: Para Wanita Kuat di Masanya, Kamu Pasti Kagum dengan Kisahnya

1. Tangan Bercahaya 

Mukjizat ini diturunkan ketika Nabi Musa dituduh oleh Firaun sebagai ahli ilmu hitam untuk mencelakai orang lain. Fitnah ini dibuatnya untuk memecah belah umat Nabi Musa. 

Namun Nabi Musa memperlihatkan mukjizat ini di hadapan Firaun beserta petinggi kerajaannya sebagai bukti bahwa mereka adalah orang yang fasik. 

Kejadian ini tertulis pada Al-Quran surah Al-Qasas ayat 32, yang berbunyi: 

سْلُكْ يَدَكَ فِي جَيْبِكَ تَخْرُجْ بَيْضَاءَ مِنْ غَيْرِ سُوءٍ وَاضْمُمْ إِلَيْكَ جَنَاحَكَ مِنَ الرَّهْبِ ۖ فَذَانِكَ بُرْهَانَانِ مِنْ رَبِّكَ إِلَىٰ فِرْعَوْنَ وَمَلَئِهِ ۚ إِنَّهُمْ كَانُوا قَوْمًا فَاسِقِينَ 

“Masukkanlah tanganmu ke leher bajumu, dia akan keluar putih (bercahaya) tanpa cacat, dan dekapkanlah kedua tanganmu ke dadamu apabila ketakutan. Itulah dua mukjizat dari Tuhanmu (yang akan engkau pertunjukkan) kepada Firaun dan para pembesarnya. Sungguh, mereka adalah orang-orang fasik.” (QS  Al-Qasas : 32). 

BACA JUGA: Kisah Nabi Khidir dan Nabi Musa: Pertemuan antara Nabi yang Ditegur Allah SWT dan Nabi Pemilik Ilmu Terluas

2. Membawa Kekeringan serta Wabah untuk Memperingati Firaun 

Jika kita pernah mendengar tentang 10 Tulah Mesir Kuno tentang bencana seperti kekeringan dan wabah yang kerajaan itu lewati, beberapa kisahnya tercantum dalam Kitab Suci Al-Quran. 

Wabah dan bencana ini Nabi Musa datangkan untuk menghukum Firaun yang berkuasa dengan semena-mena atas Bani Israil. 

Raja Mesir itu juga sombong atas tanah kekuasaannya, hingga Nabi Musa memohon kepada Allah SWT untuk menyadarkan raja itu, 

Kisah ini tertulis pada Al-Quran surah Al-A'raf ayat 130 dan ayat 133. 

وَلَقَدْ أَخَذْنَا آلَ فِرْعَوْنَ بِالسِّنِينَ وَنَقْصٍ مِنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ 

“Dan sungguh, Kami telah menghukum Fir’aun dan kaumnya dengan (mendatangkan musim kemarau) bertahun-tahun dan kekurangan buah-buahan, agar mereka mengambil pelajaran.” (QS Al-A’raf: 130). 

فَأَرْسَلْنَا عَلَيْهِمُ الطُّوفَانَ وَالْجَرَادَ وَالْقُمَّلَ وَالضَّفَادِعَ وَالدَّمَ آيَاتٍ مُفَصَّلَاتٍ فَاسْتَكْبَرُوا وَكَانُوا قَوْمًا مُجْرِمِينَ 

“Maka, Kami kirimkan kepada mereka topan, belalang, kutu, katak, dan darah (air minum berubah menjadi darah) sebagai bukti-bukti yang jelas, tetapi mereka tetap menyombongkan diri dan mereka adalah kaum yang berdosa.” (QS. Al-A’raf: 133). 

BACA JUGA: Apakah Benar Khuldi Artinya Buah Keabadian? Begini Kisah serta Maknanya Menurut Al-Quran dan Ulama

3. Tongkat 

Salah satu mukjizat Nabi Musa yang paling terkenal adalah tongkatnya. 

Kategori :