8 Cara Cepat Menghafal Alquran untuk Pemula, Lebih Mudan dan Efektif Lho!

Selasa 28-11-2023,15:27 WIB
Reporter : malikha
Editor : malikha

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Bagaimana cara cepat menghafal Al-Qur'an? Menghafal Al-Quran jadi salah satu amalan yang sangat baik serta ingin diraih seluruh umat Islam, karena menghafal Al-Quran mempunyai banyak keutamaan salah satunya adalah nanti di dalam surga akan diberikan derajat yang tinggi.

Apalagi penghafal Al-Quran bisa memberikan mahkota di surga untuk kedua orang tau serta terbebas dari api neraka.

Tetapi yang sudah kita tahu bersama kalau menghafal tidaklah pekerjaan yang gampang apalagi kadangkala untuk menghafal satu pesan juga perlu waktu lama dapat. Kadangkala sering juga surat yang telah dihafal tidak bertahan lama untuk hafalan di luar kepala. Bila sudah begitu kemauan untuk menghafal Al-Quran kadangkala cuma jadi kemauan belaka.

Oleh karenanya, jika sungguh-sungguh mau menghafal Al-Quran hendaknya kita mulai belajar menggunakan waktu dengan baik, mencari metode terbaik buat mewujudkan kemauan tersebut serta yang sangat penting adalah meluruskan niat supaya apa yang hendak kita jalani bisa bertahan lama ataupun dapat kita jalani secara konsisten.

Maka berikut ini terdapat 8 cara cepat menghafal Al-Quran untuk pemula yang gampang serta efisien.

1. Mengakrabkan Diri dengan Al-Quran

Akrab dengan Al Qur'an. ialah salah satu metode menghafal Al Qur'an dengan gampang serta cepat dan sangat mujarab. Memperbanyak waktu untuk berhubungan dengan Al Qur'an.

Jangan pikirkan cara menghafal Al Qur'an yang susah terlebih dulu. Namun pikirkan gimana caranya untuk mengawali membaca 5 juz per hari ataupun wajib menghafal 1 ayat per hari.

2. Memperbaiki bacaan 

Saat sebelum mengawali metode menghafal Al Qur'an, sangat penting untuk mengecek kembali kualitas bacaan yang kita miliki. Berikan waktu untuk membetulkan bacaan Al Qur'an supaya hafalan jadi lebih sempurna serta pahala yang didapatkan terus menjadi berlipat.

Hal ini juga harus dilakukan, supaya kita bebas dari salah dalam membaca serta membuat kekeliruan. Menghafal Alquran memanglah memiliki keutamaan yang banyak, namun wajib dicoba dengan metode yang baik serta benar.

3. Sering Melaksanakan Murojaah (Mengulang bacaan) 

Semakin sering kamu mengulangi satu ayat, maka akan lebih gampang ayat tersebut menempel di dalam ingatan kita. Jangan terburu-buru menaikkan hafalan tanpa mengulang ayat lebih dahulu berkali-kali. Hal ini untuk mengurangi ini resiko hilangnya hafalan tersebut.

Sangat dianjurkan untuk mengulang murojaah sesering mungkin. Karena dengan begitu ayat yang telah kita hafalkan dapat menempel di ingatan kita dalam waktu yang lama.

BACA JUGA:Inilah Tips Menghafal Cepat Satu Halaman Al-Qur'an Per Hari Ala Ustaz Adi Hidayat

Kategori :