Ini Dia 12 Penyebab Gusi Berdarah, Waspada Mungkin Sering Terjadi Pada Kamu

Rabu 27-12-2023,06:53 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Pendarahan pada gusi seringkali dianggap sebagai masalah yang sepele. Padahal, kondisi ini bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan yang serius. Lantas, apa saja penyebab gusi berdarah?

Berbagai faktor bisa menjadi penyebab gusi sering berdarah. Kondisi ini bisa muncul sebagai akibat dari pola hidup yang tidak sehat hingga menjadi gejala penyakit yang serius.

BACA JUGA:4 Tips Ampuh Merontokkaran Karang Gigi dalam Waktu 5 Menit, Efektif Putihkan Gigi Hingga Besih Gak Ada Plak

BACA JUGA:3 Cara Sederhana Memutihkan Gigi Kuning dengan Cepat dalam 1 Hari Paling Efektif Pakai Bahan Alami, Anti Ribet

Berikut beberapa penyebab gusi berdarah

1. Jarang menyikat gigi

Jika kamu jarang menyikat gigi, lapisan plak yang menutupi permukaan gigi akan menebal dan mengeras. Plak tersebut kemudian membentuk karang gigi.

Kehadiran karang gigi menyebabkan radang gusi. Peradangan yang terjadi membuat gusi menjadi kemerahan, bengkak dan mudah berdarah.

Untuk mencegah plak dan karang gigi, para ahli menganjurkan agar kamurajin menyikat gigi minimal dua kali sehari. 

2. Menyikat gigi terlalu keras

Banyak orang menilai bahwa menyikat gigi dengan keras lebih baik menghilangkan plak. Padahal, cara ini malah berdampak buruk bagi gigi dan gusi.

Gusi adalah jaringan lunak dan tipis. Benturan dan gesekan yang terjadi saat menyikat gigi terlalu keras dapat memicu pendarahan.

Untuk menghilangkan plak, kamu cukup menerapkan teknik menyikat gigi yang benar dan baik. Jangan lupa juga gunakan sikat gigi yang berbulu lembut agar tidak melukai gusi.

3. Teknik flossing yang tidak tepat

Penggunaan benang gigi alias flossing memang bisa membantu membersihkan kotoran di sela-sela gigi. Namun, jika tidak dilakukan dengan benar, aktivitas ini bisa menjadi penyebab gusi berdarah.

Kategori :