Ibu Hamil Ngidam Mangga? Ternyata Ini 6 Manfaat Mangga untuk Ibu Hamil

Sabtu 30-12-2023,14:15 WIB
Reporter : Tuflichatul Ummul
Editor : Akhmad Saefudin

Manfaat kedua yang bisa diperoleh dari mangga adalah, mangga mampu mengurangi risiko anemia. Hal ini dikarenakn mangga memiliki kandungan zat besi yang cukup banyak di dalamnya. 

Zat besi ini akan membentuk sejumlah hemoglobin di dalam darah. Hemoglobin ini adalah sejenis protein yang berfungi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk paru-paru. 

Nah anemia menjadi hal yang harus dihindari oleh ibu hamil, sebab jika ibu hamil mengalami anemia, maka dapat mengakibatkan beberapa hal seperti pendarahan, keguguran, dan bahkan mempengaruhi pertumbuhan bayi. 

3. Mengurangi risiko preklamsia 

Mangga juga dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko preklamsia. Preklamsia adalah kondisi tertentu yang bisa mmebahayakan kondisi kehamilan, yang dipicu oleh adanya tekanan darah tinggi. 

BACA JUGA:Makanan untuk Ibu Hamil 6 Minggu dan Pantangan-pantangannya, Simak Yuk di Sini

BACA JUGA:7 Snack untuk Ibu Hamil yang Aman untuk Dikonsumsi, tanpa Takut Berat Badan Makin Naik, Meski sedang Hamil

Kandungan magnesium yang terdapat pada mangga akan berperan baik untuk mengobati preeklamsia. Tidak hanya itu saja, kandungan nutrisi yang akan membantu meredakan gejala dan mengurangi risiko ini adalah vitamin E, yang sekaligus akan membantu membangu otot pada janin. 

4. Membantu melancarkan proses pencernaan 

Manfaat mangga untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah untuk membantu melancarkan proses pencernaan, hal ini sebab di dalam mangga mengandung serat yang cukup tinggi. 

Apabila pencernaan lancar, maka ini juga akan menghindarkan ibu mengalami sembelit pada saat hamil. Sebab sembelit menjadi salah satu penyakit yang sering mengganggu ibu hamil.

5. Mencegah mual 

Sebagai ibu hamil, apalagi jika usia kandungan masih cukup muda, maka ibu hamil akan mudah merasa mual dan ingin muntah. Nah dengan mengonsumsi mangga ini dapat mencegah hal tersebut terjadi. 

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 6 Manfaat Jus Wortel untuk Ibu Hamil Mulai Dari Meningkatkan ASI Hingga Daya Tahan Tubuh

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 6 Manfaat Buah Kurma Muda untuk Ibu Hamil Beserta Efek Sampingnya Jika Berlebih

Hal ini dikarenakan mangga memiliki kandungan B6, yang dapat membantu menurunkan rasa ingin mual dan muntah, yang juga biasa dikenal dengan morning sick. 

Kategori :