6 Nutrisi yang Penting di Usia 50 Tahun ke Atas, Dapat Menguatkan Tulang Lansia dan Menjaga Kekebalan Tubuh

Selasa 09-01-2024,12:30 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

Omega-3 adalah nutrisi makanan yang bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, meningkatkan fungsi otak dan mencegah kanker.

Beberapa sumber makanan kaya omega-3 termasuk salmon, biji chia, alpukat, dan minyak ikan.

3. Vitamin B12

Nutrisi penting lainnya adalah vitamin B12. Vitamin ini berperan penting dalam menjaga sistem saraf, meningkatkan penglihatan dan menstabilkan kadar gula darah.

Sumber makanan yang kaya vitamin B12 adalah ikan, telur, susu, dan daging.

4. Magnesium

Magnesium merupakan salah satu mineral yang wajib dikonsumsi dalam makanan.

Kandungannya dapat membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi, sakit kepala, dan kejang otot yang dapat terjadi saat seseorang mencapai usia 50 tahun.

Magnesium banyak ditemukan dalam kacang-kacangan, sayuran hijau, susu, keju, dan buah-buahan. 

5. Vitamin K2

Vitamin K2 adalah jenis nutrisi yang larut dalam lemak dan diperlukan tubuh untuk memproduksi protein yang disebut protrombin dan merupakan nutrisi penting karena membantu menjaga kesehatan tulang dan otak serta mencegah osteoporosis.

Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin K2 adalah telur, produk susu, daging sapi dan juga kacang-kacangan.

6. Vitamin B6

Nutrisi ini berperan penting dalam membantu tubuh mencerna makanan sebagai sumber energi dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Dan saat menginjak usia 50 tahun, penyerapan nutrisi dalam tubuh biasanya melambat, sehingga vitamin B6 menjadi salah satu nutrisi penting yang harus dikonsumsi.

Vitamin B6 ditemukan dalam makanan seperti salmon, tuna, hati sapi, dan dada ayam. Jika kamu tidak makan ikan dan daging, vitamin B6 dapat diperoleh dari sereal, labu, pisang, kentang, dan kacang-kacangan.

Kategori :