14 Makanan Sehat untuk Penderita Jantung, Efektif untuk Mencegah Penyakit Jantung dan Aman untuk Lansia

Kamis 11-01-2024,05:30 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

Selain menurunkan kadar kolesterol jahat, kacang hijau juga mengandung flavonoid yang mengganggu adhesi trombosit dalam darah, yang mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

5. Ikan salmon

Ikan salmon dan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan dapat membantu mencegah gangguan irama jantung (aritmia).

6. Kacang

Kacang-kacangan mengandung banyak vitamin, mineral, lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung dan mengandung sedikit lemak jenuh.

BACA JUGA:Lansia Wajib Tahu! 4 Manfaat Pisang untuk Lansia, Dapat Tingkatkan Tekanan Darah dan Penyakit Jantung

BACA JUGA:7 Sayuran untuk Penyakit Jantung, Cocok Dikonsumsi Bapak-bapak sampai Lansia Pengidap Sakit Jantung

7. Cokelat hitam

Para peneliti telah menemukan bahwa cokelat kaya akan flavanol, yang mengencerkan darah, baik untuk kesehatan jantung dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi peradangan.

8. Tomat

Ini adalah buah yang kaya akan vitamin C, vitamin A, potasium, dan serat. Tomat juga mengandung likopen, yang dikombinasikan dengan vitamin dan mineral lain membantu mencegah dan mengobati penyakit jantung.

9. Apel

Flavonoid yang terkandung dalam apel, seperti quercetin, epicatechin, epigalocatechin dan kaempferol, berperan penting dalam mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL), mencegah pertumbuhan plak di arteri dan meredakan peradangan.

10. Aneka beri

Berbagai buah beri seperti stroberi, blueberry, acai berry, blueberry, raspberry, dan berbagai buah beri lainnya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan tekanan darah.

11. Delima Merah

Kategori :