Resah Anak Main HP Terus? Ini Tips Parenting dr Aisah Dahlan untuk Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

Jumat 26-01-2024,21:40 WIB
Reporter : Aisyah Auliyaunnisa
Editor : Wahyu Hidayat

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Salah satu yang sering jadi keresahan orang tua di era modern ini adalah perilaku anak yang mulai kecanduan gadget. Anda bisa mencoba tips parenting dari dr Aisah Dahlan dalam menangani anak yang kecanduan gadget berikut ini.

Sebagai orang tua, perkembangan anak tentu jadi hal penting untuk diikuti dari berbagai aspek.Tak jarang ada beberapa perilaku anak yang mulai membuat khawatir karena mungkin dianggap keluar dari batas wajar.

Termasuk salah satunya dalam penggunaan gadget pada anak di bawah umur. Adanya perkembangan teknologi yang semakin mudah dan canggih membuka akses gadget pada anak yang juga semakin mudah dan sering.

Tak jarang, beberapa orang tua menjadikan gadget saat anak merengek, atau biar anak tenang saat tidak punya waktu untuk menemani anak bermain.

Hal ini memang sah-sah saja selama apa yang dikonsumsi anak pada gadget masih dalam pantauan dan pendampingan orang tua, serta dalam batas yang wajar.

BACA JUGA:Mengatasi Hubungan Toksik dengan Anak, Praktikkan Parenting yang Harmonis

BACA JUGA:Kenali 4 Tipe Parenting Style Berikut Ini, yang Manakah Lebih Baik untuk Orang Tua Terapkan?

Namun saat mulai muncul gejala kecanduan gadget pada anak seperti tantrum berlebihan saat meminta gadget atau muncul perilaku di luar batas usia akibat pengaruh gadget, sebagai orang tua perlu mulai waspada.

Orang tua juga perlu mengambil langkah pencegahan agar tidak bertambah parah.

Dalam kajiannya, dr Aisah Dahlan menyebutkan bahwa membiarkan dan menganggap wajar anak asyik bermain gadget akan menimbulkan dampak yang berbahaya bagi anak.

Seperti muncul sikap agresif tadi, yang tantrum atau marah hingga mengeluarkan kalimat ancaman, atau penyerangan pada orang tua saat tidak di beri gadget.

Lalu bagaimana cara mencegah dan mengatasi anak yang kecanduan gadget ini? Berikut tips parenting dari dr Aisah Dahlan.

Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak dr Aisah Dahlan

Dokter Aisah Dahlan banyak menjawab keresahan dan pertanyaan orang tua seputar saat anak mulai kecanduan gadget, baik dalam bermedia sosial ataupun bermain game online.

Bahwa di era modern dengan kecanggihan digitalnya, orang tua diharapkan bisa kreatif dalam mengimbangi dan membatasi waktu anak dengan gadgetnya.

Kategori :