Gawat! Ini 5 Tanda Komunikasi yang Tidak Sehat dalam Hubungan, Bisa Membuat Hubunganmu Penuh Konflik

Rabu 31-01-2024,09:10 WIB
Reporter : Ana Miratus Sholekhah
Editor : Dony Widyo

Padahal, hubungan yang sehat seharusnya dibangun oleh perasaan saling percaya yang bisa diciptakan jika kamu dan pasangan sama-sama saling terbuka. Jika yang kamu dan pasanganmu lakukan adalah hal yang sebaliknya, maka besar kemungkinan hubungan yang sehat tidak bisa kamu bangun.

Tidak Terbuka dengan Masalah

Kebiasaan untuk memendam masalah atau perasaan negatif juga merupakan bagian dari tanda komunikasi yang tidak sehat dalam hubungan. Entah apa pun alasannya, tetapi menyembunyikan masalahmu dari pasangan adalah hal yang buruk.

Tentu, masalah dapat berpengaruh baik besar maupun kecil kepada dirimu. Ketika pasanganmu tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi padamu, maka dia tidak bisa memberikan respons dan perlakuan yang sesuai kepadamu.

Ini bisa menciptakan konflik lain yang bisa memperumit situasimu.

Komunikasi yang Defensif

Dalam komunikasi yang satu ini, fokusmu adalah untuk menyerang dan bertahan. Jika sudah berada dalam tanda komunikasi yang tidak sehat dalam hubungan yang satu ini, maka akan sulit bagimu dan pasangan untuk berkomunikasi dengan kepala dingin.

Biasanya, komunikasi defensif dipenuhi oleh scenario seperti teriakan, kata-kata yang menyakitkan, tuduhan tidak mendasar, hingga saling menyalahkan satu sama lain.

Hubunganmu tidak bisa harmonis jika situasi ini terus kamu biarkan.

BACA JUGA Gunakan 8 Jenis Komunikasi Nonverbal Ini untuk Memperkuat Pengaruhmu Saat Berbicara!

Silent Treatment

Berbicara buruk dan membentak pasangan ketika terjadi masalah memang bukanlah yang baik. Akan tetapi, kamu juga tidak bisa memilih diam sama sekali. Itu juga merupakan salah satu tanda komunikasi yang tidak sehat dalam hubungan.

Silent treatment atau memperlakukan pasangan dengan mendiamkannya sangat berbeda dengan memberi ruang untuk satu sama lain. Sebaliknya, ini adalah usaha untuk menutup komunikasi guna menghukum pasangan.

Itulah beberapa tanda komunikasi yang tidak sehat dalam hubungan yang tidak seharusnya ada dalam hubunganmu jika kamu memimpikan hubungan yang sehat. Oleh karenanya, jika kamu melihat tanda komunikasi yang tidak sehat dalam hubungan ini muncul, kamu harus segera membicarakannya kepada pasanganmu untuk mencari jalan keluarnya.

**AN

Kategori :