Gunakan 8 Jenis Komunikasi Nonverbal Ini untuk Memperkuat Pengaruhmu Saat Berbicara!

Gunakan 8 Jenis Komunikasi Nonverbal Ini untuk Memperkuat Pengaruhmu Saat Berbicara!

Jenis komunikasi nonverbal--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Tidak hanya berupa kata-kata, kamu juga bisa mempraktikkan beberapa jenis komunikasi nonverbal dalam kegiatan komunikasi yang kamu lakukan. Bahkan, komunikasi nonverbal bisa membuat pesan yang kamu sampaikan menjadi lebih kuat.

Secara sederhana, kamu bisa memaknai komunikasi nonverbal sebagai proses menyampaikan informasi tanpa menggunakan kata-kata. 

Lalu, apa saja jenis komunikasi nonverbal sehingga orang bisa tetap mengutarakan maksudnya selain dengan kata-kata? Kamu bisa menyimak daftar di bawah ini untuk menemukan jawabannya.

BACA JUGA 4 Manfaat Komunikasi Efektif dalam Keseharian, Sangat Berguna untuk Kehidupan Sosialmu!

Ekspresi Wajah

Jenis komunikasi nonverbal yang paling umum adalah ekspresi, dan ini lebih mudah disadari. Melalui ekspresi wajah, banyak informasi yang bisa kamu sampaikan.

Seperti perasaan senang yang kamu sampaikan dengan senyum tulus, ketidaksetujuan yang kamu lambangkan dengan wajah cemberut, dan ketidaknyamanan yang ditampilkan melalui senyum palsu.

Dengan menggunakan jenis komunikasi nonverbal ini, kamu bisa menyampaikan kepada lawan bicaramu tentang perasaanmu terkait pesan yang kamu sampaikan. Akibatnya, pesanmu menjadi lebih kaya dan memiliki konteks yang lebih jelas.

Gerakan

Ketika berbicara, kamu juga mengombinasikan gerakan untuk mendukung penyampaian pesanmu. Contoh nyatanya adalah seperti memberikan tanda jempol untuk memberikan apresiasi kepada orang lain, dan masih banyak lagi.

Jenis komunikasi nonverbal berupa gerakan ini memiliki pengaruh yang sangat kuat, bahkan di ranah formal. Misalnya adalah gerakan mengangkat tangan yang dilakukan oleh hakim di pengadilan yang mengisyaratkan bahwa seluruh elemen siding diminta untuk tenang.

Bahasa dan Postur Tubuh

Postus dan gerk-gerik tubuh juga merupakan bagian dari jenis komunikasi nonverbal, di mana bentuk pesan ini bisa memberikan banyak informasi.

Gerakan seperti menyilangkan tangan, menyilangkan kaki, dan lainnya bisa kamu gunakan untuk menyampaikan pesan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: