Gunakan 8 Jenis Komunikasi Nonverbal Ini untuk Memperkuat Pengaruhmu Saat Berbicara!

Gunakan 8 Jenis Komunikasi Nonverbal Ini untuk Memperkuat Pengaruhmu Saat Berbicara!

Jenis komunikasi nonverbal--freepik.com

BACA JUGA 5 Tips Membaca Bahasa Tubuh Saat Berkomunikasi, Cara Memahami Orang Lain Secara Mendalam!

Penampilan

Tidak hanya untuk bergaya, penampilan juga merupakan bagian dari komunikasi nonverbal. Dengan pakaian dan penampilan mereka secara keseluruhan, orang berusaha untuk mengomunikasikan tentang citra diri seperti apa yang mereka inginkan.

Orang yang ingin terlihat independent contohnya, berusaha untuk tampil dengan busana kasual yang menunjukkan profesionalitas dan kemandirian mereka.

Jenis komunikasi berupa penampilan ini bisa kamu lihat dengan lebih baik dengan memperhatikan tokoh-tokoh politik, di mana apa yang mereka pakai digunakan untuk mengkampanyekan ideologi yang diusung.

Haptik

Jenis komunikasi nonverbal terakhir yang akan dibicarakan di artikel ini adalah haptik atau komunikasi melalui sentuhan. Dalam komunikasi, sentuhan bisa digunakan untuk mengomunikasikan kasih sayang, keakraban, simpati, dan emosi lainnya.

Misalnya, kamu bisa melihat seseorang mendekap bahu orang lain yang sedang berduka untuk mengomunikasikan empati yang diberikan kepada pihak berduka tersebut.

Itulah jenis komunikasi nonverbal yang perlu kamu ketahui untuk kemudian kamu optimalkan fungsinya sehingga kegiatan komunikasimu menjadi lebih optimal. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: