5 Tips Membaca Bahasa Tubuh Saat Berkomunikasi, Cara Memahami Orang Lain Secara Mendalam!

5 Tips Membaca Bahasa Tubuh Saat Berkomunikasi, Cara Memahami Orang Lain Secara Mendalam!

Membaca bahasa tubuh saat berkomunikasi--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Tidak hanya perlu mendengarkan atau memperhatikan pesan verbal orang lain, kamu juga perlu membaca bahasa tubuh saat berkomunikasi dengan mereka untuk bisa memahami apa yang sebenarnya mereka maksudkan.

Bahasa tubuh dapat meliputi ekspresi wajah, gestur, dan postur di mana ini merupakan bentuk komunikasi nonverbal yang biasanya digunakan untuk menyampaikan pesan yang tidak bisa diungkapkan melalui kata-kata.

Terkadang, bahasa tubuh juga ditampilkan tanpa sadar atau refleks, seperti enggan menatap mata lawan bicara ketika gugup, meremas tangan karena gelisah, dan lainnya.

Oleh karenanya, penting untuk membahasa bahasa tubuh saat berkomunikasi karena bahasa tubuh dinilai memiliki makna yang lebih kaya dibandingkan dengan bahasa verbal atau kata-kata.

Jika kamu ingin memahami lawan bicaramu dengan lebih baik, maka kamu perlu memperhatikan beberapa tips membaca bahasa tubuh saat berkomunikasi berikut ini.

BACA JUGA Hati-Hati! Ini 5 Ciri Komunikasi yang Tidak Efektif, Tanda Harus Banyak Belajar Biar Nggak Bikin Salah Paham

Memperhatikan Mimik Muka

Hal yang paling mudah terlihat dari bahasa tubuh adalah ekspresi. Oleh karenanya, saat hendak membaca bahasa tubuh dalam berkomunikasi kamu tidak boleh melewatkan mimic muka atau ekspresi wajah lawan bicaramu.

Orang bisa mengungkapkan kata-kata yang tidak sesuai dengan kebenarannya atau bohong, tetapi ekspresi wajah selalu jujur.

Berdasarkan penelitian oleh Frontiers in Human Neuroscience, dikatakan bahwa ekspresi wajah bisa mengungkapkan kredibilitas, keramahan, dan kecerdasan seseorang.

Makna bahasa tubuh yang bisa kamu lihat dari ekspresi wajah di antaranya adalah bahagia, sedih, marah, takut, bingung, heran, merendahkan, kaget, dna lainnya.

Melihat Gerakan Bibir

Gerakan bibir yang harus kamu perhatikan saat hendak membaca bahasa tubuh saat berkomunikasi tidak hanya apakah lawan bicaramu tersenyum atau tidak. Lebih dari itu, terdapat banyak makna yang bisa kamu peroleh dengan memperhatikan gerak bibir lawan bicaramu.

Berikut isyarat bibir yang bisa kamu perhatikan.

  • Kesedihan atau ketidaksetujuan diwakili oleh gerakan bibir turun.
  • Dengan dikombinasikan dengan ekspresi lain, bibir turun juga bisa menandakan sikap meremehkan, menghina, atau merendahkan.
  • Perasaan khawatir, cemas, takut, tidak aman, dan tertekan ditunjukkan melalui gerakan mengigit bibit.
  • Ketidaksetujuan, ketikakpercayaan, penolakan, atau ketidaksukaan diwakili oleh gerakan mengatupkan bibir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: