Hati-Hati! Ini 5 Ciri Komunikasi yang Tidak Efektif, Tanda Harus Banyak Belajar Biar Nggak Bikin Salah Paham

Hati-Hati! Ini 5 Ciri Komunikasi yang Tidak Efektif, Tanda Harus Banyak Belajar Biar Nggak Bikin Salah Paham

Contoh komunikasi yang tidak efektif--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Pesan yang tidak disampaikan dengan baik dapat menciptakan kesalahpahaman, sebagaimana dalam beberapa contoh komunikasi yang tidak efektif yang akan disajikan dalam artikel ini.

Komunikasi yang efektif dikaitkan dengan pesan yang disampaikan dengan baik oleh pembicara dan diterima secara tepat oleh pendengar.

Sebaliknya, komunikasi yang tidak efektif ditandai dengan adanya kesalahpahaman di mana di antara pembicara dan audiens terdapat ketidaksamaan dalam memaknai pesan.

Tentu saja, kamu tidak ingin menciptakan komunikasi yang tidak efektif di mana akan sangat memegaruhi keberhasilan penyampaian pesanmu.

Oleh karenanya, kamu perlu memperhatikan beberapa contoh komunikasi yang tidak efektif sehingga kamu menghindarinya atau menghapuskan kebiasaan yang tercermin dalam contoh berikut.

Jadi apa saja contoh komunikasi yang tidak efektif tersebut? Kamu bisa membaca daftar di bawah ini untuk mengetahuinya!

BACA JUGA 4 Tipe Komunikasi untuk Karier yang Cemerlang! Kesuksesanmu Akan Melejit Jika Kamu Menguasainya

Menyampaikan Pesan dengan Bertele-tele

Contoh komunikasi yang tidak efektif yang paling utama adalah ketika pesan disampaikan dengan bertele-tele sehingga audiens atau lawan bicaramu tidak bisa dengan mudah memahami apa yang sebenarnya ingin kamu sampaikan.

Penggunaan kata-kata yang tidak penting yang mungkin kamu anggap sebagai basa-basi, bisa jasdi justru mengaburkan pesan penting yang sebenarnya.

Untuk bisa menghindari contoh komunikasi yang tidak efektif satu ini, kamu bisa mencoba untuk mempersingkat  kalimat yang ingin disampaikan dengan maksud yang jelas. Dengan begitu, harapannya adalah proses komunikasi bisa berlangsung dengan cepat dan tidak banyak membuang waktu, tetapi informasi bisa tetap dikirimkan.

Pemilihan Diksi Ilmiah yang Tidak Tepat

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua orang memiliki latar belakang pendidikan dan pengetahuan yang sama denganmu. Oleh karenanya, kamu tidak bisa dengan serampangan menggunakan istilah ilmiah tertentu untuk menyampaikan pesanmu.

Penggunaan istilah ilmiah di depan audiens yang tidak tepat hanya akan menjadi salah satu contoh komunikasi yang tidak efektif. Sebab, besar kemungkinan mereka bisa memahami maksudmu dari perkataanmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: