4 Tipe Komunikasi untuk Karier yang Cemerlang! Kesuksesanmu Akan Melejit Jika Kamu Menguasainya

4 Tipe Komunikasi untuk Karier yang Cemerlang! Kesuksesanmu Akan Melejit Jika Kamu Menguasainya

Tipe komunikasi untuk karier yang cemerlang--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Komunikasi tidak hanya kebutuhan sosial, tetapi ada fungsi lain yang sangat penting terutama dalam tipe Komunikasi untuk karier yang cemerlang.

Pengaruh yang besar dalam karier dapat kamu rasakan jika kamu memiliki skill komunikasi yang mumpuni. Lebih spesifiknya, terdapat tipe komunikasi untuk karier yang cemerlang yang harus kamu kuasai jika ingin memiliki kehidupan profesional yang matang.

Masing-masing tipe komunikasi untuk karier yang cemerlang tersebut berperan penting dalam berbagai hal, salah satu contohnya adalah membantumu dalam menjalin koneksi dengan sesame profesional.

Lantas, apa saja tipe komunikasi untuk karier yang cemerlang tersebut? Yuk, simak daftar berikut agar kamu tahu apa saja tipe komunikasi yang dimaksud tersebut.

BACA JUGA Ini 4 Kekurangan Introvert dalam Komunikasi Karena Kepribadiannya yang Cepat Lelah Jika Berinteraksi

Komunikasi Verbal

Tentu saja, komunikasi verbal merupakan tipe komunikasi utama dan paling penting dalam kehidupanmu, dalam hal ini khususnya di dunia profesional.

Tipe komunikasi untuk karier yang cemerlang satu ini sangat kamu butuhkan dalam menyampaikan informasi secara lisan. 

Jika di dunia kerja seperti yang sedang kita bahas, contohnya adalah untuk mempresentasikan sesuatu, berpartisipasi dalam meeting, berbicara melalui sambungan telepon, atau berbincang ringan dengan rekan kerja untuk menciptakan relasi yang lebih baik.

Verbal menjadi tipe komunikasi yang sangat penting karena efisiensinya ketika digunakan. Kemudian, tipe komunikasi lainnya seperti komunikasi nonverbal dan tertulis menjadi pendukung agar komunikasi verbal lebih berhasil.

Jika kamu ingin meningkatkan kemampuanmu dalam tipe komunikasi untuk karier yang cemerlang pertama ini, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut.

  • Menggunakan suara yang lantang dan penuh percaya diri.
  • Selalu melakukan active listening.
  • Menghindari filler words seperti “uh”, “em”, “e”, dan sejenisnya saat berbicara.
  • Berbicara dengan perlahan agar maksud pesanmu bisa lebih mudah dipahami.

Komunikasi Nonverbal

Tipe komunikasi untuk karier yang cemerlang selanjutnya adalah komunikasi nonverbal yang merupakan penggunaan bahasa tubuh, gestur, eskpresi wajah, hingga nada bicara saat menyampaikan informasi kepada orang lain.

Terkadang, bisa jadi kamu tidak sengaja dalam menampilkan hal tertentu tentang tipe komunikasi yang satu ini. Contohnya adalah ketika tanpa sadar kamu mengernyit saat mendengar pernyataan yang tidak begitu kamu mengerti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: