Ini 4 Kekurangan Introvert dalam Komunikasi Karena Kepribadiannya yang Cepat Lelah Jika Berinteraksi

Ini 4 Kekurangan Introvert dalam Komunikasi Karena Kepribadiannya yang Cepat Lelah Jika Berinteraksi

Kekurangan introvert dalam komunikasi--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Memiliki ciri khas pendiam dan tidak terlalu menggemari interaksi sosial, memunculkan berbagai penilaian tentang kekurangan introvert dalam komunikasi.

Sebenarnya, itu bukanlah pernyataan yang salah. Sebab, pada kenyataannya seorang dengan kepribadian introvert memang cenderung tidak terlalu nyaman dengan interaksi sosial, terlebih dalam waktu yang lama. Energi mereke akan cepat terkuras jika terus berkegiatan sosial.

Sebaliknya, orang dengan kepribadian introvert akan lebih berenergi saat dia sendirian.

Dilansir dari Verywellmind.com, introvert dicirikan dengan karakter reserved, withdrawn, and introspective with small circles. Mereka cenderung menarik diri, pendiam, dan lebih aktif di kelompok sosial kecil dibandingkan kelompok sosial besar.

Memang, tidak ada salahnya menjadi seseorang yang introvert. Akan tetapi, jika kamu mempertahankan beberapa karakteristik yang memicu adanya kekurangan introvert dalam komunikasi, maka sudah sebaiknya kamu mengatasi karakter tersebut dengan baik.

Untuk itu, kamu perlu terlebih dahulu mengenali apa saja kekurangan introvert dalam komunikasi sehingga bisa menanganinya dan perlahan menjadi komunikator ahli.

Yuk, simak kekurangan introvert dalam komunikasi di bawah ini!

BACA JUGA Dijamin Berhasil! Lakukan 4 Trik Psikologi Agar Lawan Bicara Nyaman Saat Berkomunikasi Denganmu

Tidak Terlalu Senang Berpartisipasi dalam Kegiatan di Lingkungan Sosial

Menghabiskan waktu sendirian merupakan hal yang akan lebih dipilih oleh introvert dibandingkan beraktivitas bersama banyak orang. Oleh sebabnya, mereka menghindari berbagai kegiatan dalam konteks sosial dan enggan berpartisipasi di dalamnya.

Karakter tersebut adalah pemicu salah satu kekurangan introvert dalam komunikasi. Dengan tidak terbiasa atau sering berhubungan dengan orang lain, seorang yang introvert akan cenderung kaku jika berada di lingkungan sosial.

Mereka juga menjadi tidak ahli dalam berbasa-basi. Itu sebabnya, orang memandang introvert sebagai sosok yang kaku bila diajak untuk berkomunikasi, terlebih dalam pembahasan ringan.

Kesulitan dalam Bahasa Verbal

Ciri introvert yang lainnya adalah bahwa mereka sangat berhati-hati untuk tidak melakukan kesalahan. Termasuk dalam berkomunikasi, mereka akan berpikir ulang sebelum mengatakan sesuatu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: