4 Tipe Komunikasi untuk Karier yang Cemerlang! Kesuksesanmu Akan Melejit Jika Kamu Menguasainya

4 Tipe Komunikasi untuk Karier yang Cemerlang! Kesuksesanmu Akan Melejit Jika Kamu Menguasainya

Tipe komunikasi untuk karier yang cemerlang--freepik.com

Jenis komunikasi ini dikatakan sebagai salah satu tipe komunikasi untuk karier yang cemerlang karena bisa sangat berguna untuk menyampaikan apa yang kamu pikirkan dan rasakan, di mana hal tersebut sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata. Bahasa nonverbal juga bisa menjadi penguat bahasa verbal yang kamu ucapkan.

Contohnya ketika kamu menyampaikan pesan motivasi, gerakan mengepalkan tangan bisa membuat orang semakin tergerak karena motivasimu.

Dengan tipe komunikasi nonverbal, kamu juga bisa menganalisis apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh lawan bicaramu dan tidak mereka ungkapkan secara gamblang.

Misalkan, ketika seseorang menunjukkan bahasa tubuh yang tertutup seperti menyilangkan lengan atau bahu membungkuk, bisa jadi orang tersebut sedang merasa cemas, marah, atau gugup.

  • Jika kamu ingin meningkatkan kemampuanmu dalam tipe komunikasi untuk karier yang cemerlang ini, kamu bisa melakukan hal-hal berikut.
  • Memperhatikan emosi dapat memengaruhi tubuhmu.
  • Berusaha menggunakan bahasa nonverbal untuk mendukung komunikasi verbalmu.
  • Meniru komunikasi nonverbal yang menurutmu efektif, seperti mengangguk untuk menunjukkan rasa setuju terhadap sesuatu yang kamu dengar.

Komunikasi Tertulis

Tidak kalah pentingnya dengan dua tipe komunikasi untuk karier yang cemerlang, tipe komunikasi yang satu ini juga harus kamu kuasai jika ingin memiliki jalan karier yang bagus.

Komunikasi tertulis meliputi penyampaian informasi dengan menulis, mengetik, atau mencetak simbol seperti huruf dan angka. Dengan adanya komunikasi tertulis, kamu bisa menyimpan informasi yang nantinya bisa dijadikan sebagai referensi.

Ada pun komunikasi tertulis biasanya digunakan untuk berbagi informasi melalui buku, pamflet, blog, surat, memo, dan sebagainya. Jik adi Lingkungan kerja, biasanya tipe komunikasi untuk karier yang cemerlang diaplikasikan dalam kegiatan berkomunikasi dengan chat dan email.

Berikut terdapat cara yang dapat kamu praktikkan untuk meningkatkan kemampuanmu dalam tipe komunikasi yang satu ini.

  • Belajar menulis dengan simpel dan jelas sehingga mudah dipahami.
  • Jangan bergantung pada tone of voice dalam tulisan.
  • Melakukan review sebelum mengirimkan pesan tertulis untuk menghindari kesalahan di dalamnya.

BACA JUGA Terkenal Pendiam dan Kamu, Ternyata Ada juga Kelebihan Introvert dalam Komunikasi yang Sangat Unik!

Komunikasi Visual

Tipe komunikasi untuk karier yang cemerlang adalah komunikasi visual yang eksis dalam bentuk fotografi, seni, gambar, sketsa, bagan, dan lainnya untuk menyampaikan informasi.

Komunikasi ini akan sangat kamu butuhkan jika hendak mempresentasikan informasi tertentu, di mana komunikasi visual dapat memberi konteks ketika berkomunikasi secara verbal atau tertulis.

Karena setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda, komunikasi visual dapat membantu bagi beberapa individu untuk mencerna ide dan informasi yang disampaikan.

Nah, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi visualmu.

  • Pastikan bahasa visual yang kamu tampilkan dapat dengan mudah dimengerti.
  • Sajikan bahasa visual yang sesuai dengan bahasa verbal.
  • Minta feedback dari orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: