Gunakan 8 Jenis Komunikasi Nonverbal Ini untuk Memperkuat Pengaruhmu Saat Berbicara!

Gunakan 8 Jenis Komunikasi Nonverbal Ini untuk Memperkuat Pengaruhmu Saat Berbicara!

Jenis komunikasi nonverbal--freepik.com

Contohnya adalah ketika kamu menyilangkan kaki, kamu ingin menunjukkan kepercayaan dirimu dan bahwa kamu tidak bisa digoyahkan begitu saja oleh lawan bicaramu.

Paralinguistik

Jenis komunikasi nonverbal yang satu ini sebenarnya masih memiliki hubungan yang erat dengan komunikasi verbal, karena bentuknya yang sama-sama suara.

Akan tetapi, paralinguistik dikategorikan sebagai komunikasi nonverbal karena terpisah dari basa sebenarnya.

Yang mencakup jenis komunikasi nonverbal yang satu ini di antaranya adalah nada suara, kenyaringan, intonasi, jeda, penekanan, dan lainnya.

Contohnya adalah nada suara yang kuat dan ceria dapat dimaknai sebagai kesetujuan, sedangkan nada suara keragu-raguan menunjukkan ketidaksetujuan atau kurangnya minat seseorang terhadap pembicaraan.

Paralinguistik yang berbeda akan memberikan kesan yang berbeda pula pada pesan yang disampaikan.

Tatapan Mata

Selanjutnya ada tatapan mata yang juga merupakan jenis komunikasi nonverbal. Melalui tatapan mata, kamu dapat menyampaikan berbagai ekspresi dan emosi, mulai dari ketertarikan, keramahan, hingga permusuhan.

Kontak atau tatapan mata ini juga sering digunakan untuk menganalisis apakah seseorang jujur dengan perkataannya ataukah tidak.

Misalnya, orang yang menjaga tatapan dan tidak mengalihkannya menunjukkan bahwa dia percaya diri dengan apa yang dia ucapkan karena itu merupakan kebenaran yang sebenarnya.

Sebaliknya, orang yang berbohong cenderung akan menggerakkan mata secara konstan dan menghindari tatapan mata dengan lawan bicaranya.

Proksemik

Kamu bisa mengartikan jenis komunikasi nonverbal yang satu ini sebagai jarak yang dibuat antara diri sendiri dengan orang lain untuk menjaga ruang pribadi.

Orang sering kali memberikan isyarat kepada lawan bicaranya terkait batasan yang tidak boleh dilewati oleh mereka. Jumlah ruang pribadi yang dibutuhkan saat melakukan percakapan santai dengan orang lain dapat bervariasi antara 18 inci hingga empat kaki. Jarak pribadi yang diperlukan saat berbicara dengan orang banyak biasanya sekitar 10 hingga 12 kaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: