4 Manfaat Komunikasi Efektif dalam Keseharian, Sangat Berguna untuk Kehidupan Sosialmu!

4 Manfaat Komunikasi Efektif dalam Keseharian, Sangat Berguna untuk Kehidupan Sosialmu!

Manfaat komunikasi efektif--freepik.com

Selain membantu menemukan pemecahan masalah, manfaat komunikasi efektif lainnya adalah untuk mencegah terjadinya masalah atau konflik.

Komunikasi efektif yang dapat mengurangi kesalahpahaman akan membuat konflik juga cenderung tidak muncul karena setiap orang yang berada di dalam pembicaraan memiliki kesepahaman makna terkait apa yang sedang diperbincangkan.

Mereka tidak perlu berselisih paham dan berdebat alot karena pesan yang dibicarakan dalam proses komunikasi tersebut sudah jelas.

BACA JUGA Tips Komunikasi untuk Ekstrovert, Perhatikan 4 Hal Ini Agar Tidak Terlalu Mendominasi dan Terkesan Arogan

Meningkatkan Produktivitas

Di dunia kerja, pendidikan, hiburan, hingga di lingkungan keluarga kamu membutuhkan komunikasi dalam aktivitas keseharianmu. Ketika komunikasi berjalan dengan efektif, maka secara otomatis aktivitas di keseharianmu akan berjalan dengan baik dan cepat pula.

Contohnya adalah ketika kamu mendelegasikan tugas kepada anggota dalam organisasimu. Jika penyampaikan komunikasimu baik, maka kamu akan mendapatkan manfaat komunikasi efektif di mana anggota tersebut akan lebih memahami pesan yang kamu sampaikan sehingga pekerjaannya bisa segera dimulai.

Akibatnya, produktivitas dalam organisasimu bisa lebih tinggi, dibandingkan ketika kamu menyampaikan pesan dengan tidak jelas dan sulit dipahami oleh anggotamu.

Itulah beberapa manfaat komunikasi efektif yang bisa kamu dapatkan jika kamu mampu mempraktikkannya dengan baik.

Ingat bahwa komunikasi bisa dipelajari, sehingga kamu tidak perlu berputus asa meski saat ini merasa bahwa kemampuan komunikasi efektifmu masih sangat buruk. (")

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: