Tips Komunikasi untuk Ekstrovert, Perhatikan 4 Hal Ini Agar Tidak Terlalu Mendominasi dan Terkesan Arogan

Tips Komunikasi untuk Ekstrovert, Perhatikan 4 Hal Ini Agar Tidak Terlalu Mendominasi dan Terkesan Arogan

Tips komunikasi untuk ekstrovert--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Tidak dapat dipungkiri bahwa ekstrovert pada umumnya sangat easy going dan komunikatif, tetapi mereka juga masih membutuhkan tips komunikasi untuk ekstrovert.

Meski cenderung pandai bergaul dan menjalin relasi dengan orang lain, ekstrovert memiliki beberapa ciri kepribadian yang bisa merusak hubungannya. Itu sebabnya, hadir beberapa tips komunikasi untuk ekstrovert agar mereka tidak terjebak oleh kepribadiannya sendiri.

Contohnya saja, kecenderungan ekstrovert yang tidak suka diam membuatnya terkadang tanpa sadar mendominasi orang lain dan tidak membiarkan lawan bicara turut mengungkapkan isi pikirannya.

Dengan demikian, orang yang diajak berbicara merasa tidak dihargai karena si ekstrovert terlalu mendominasi.

Oleh karenanya, bagimu seorang yang ekstrovert, berikut akan disajikan tips komunikasi untuk ekstrovert agar kamu bisa menjadi komunikator yang lebih baik lagi.

BACA JUGA Ini 4 Kekurangan Introvert dalam Komunikasi Karena Kepribadiannya yang Cepat Lelah Jika Berinteraksi

Banyak-Banyak Berinteraksi

Sebagai seorang yang easy going, kamu harus pandai mengoptimalkan kelebihanmu itu dengan memperluar relasimu dengan orang lain. Jangan membatasi dirimu untuk berinteraksi dengan orang-orang tertentu saja.

Misalnya, jika kamu seorang mahasiswa yang berkuliah di suatu jurusan, jangan Batasi pergaulanmu hanya dengan mahasiswa lain yang satu jurusan denganmu.

Akan tetapi, lakukan juga interaksi dengan orang-orang dari luar jurusanmu atau bahkan luar universitasmu.

Tips komunikasi untuk ekstrovert berupa memperluas interaksi dan relasi akan sangat bermanfaat bagimu. Perlu kamu ketahui bahwa jaringan yang luas akan membuka potensi yang luas pula untuk kesempatan kariermu di masa mendatang.

Belajarlah Mendengarkan

Meski kamu memang senang mengungkapkan pikiranmu, tetapi cobalah untuk menahan diri dan mulai lebih banyak mendengarkan orang lain pula. Ingatlah bahwa komunikasi tidak hanya melibatkan dirimu sendiri, tetapi juga berkaitan dengan orang lain.

Oleh sebabnya, tips komunikasi untuk ekstrovert yang satu ini mengarahkanmu untuk memberikan porsi yang pas bagi siapa pun untuk mendengarkan dan berbicara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: