Orang Tua Perlu Paham Ini! Konsep Anak sebagai Berkah dan Amanah dalam Islam oleh dr Aisah Dahlan

Jumat 09-02-2024,21:09 WIB
Reporter : Aisyah Auliyaunnisa
Editor : Wahyu Hidayat

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Bagi kebanyakan orang tua memiliki anak adalah hal yang paling ditunggu. Sehingga anak sebagai berkah dan amanah yang harus benar-benar dijaga saat sudah diberi kepercayaan untuk memilikinya.

Konsep anak sebagai berkah dan amanah yang harus dijaga sebenarnya sudah banak terdapat dalam al-Quran. 

Tips Parenting dr Aisah Dahlan: Anak sebagai Berkah dan Amanah 

Dalam menjelaskan konsep anak sebagai berkah dan amanah, dr Aisah Dahlan banyak menghubungkannya dengan penjelasan-penjelasan ayat al-Qur'an sebagai rujukan utama umat Muslim. Berikut penjelasannya.

Anak sebagai Berkah

Memahami anak sebagai berkah dari Allah SWT, dr Aisah Dahlan menggunakan penjelasan ayat al-Qur'an pada QS asy-Syuraaa: 49-50 yang berbunyi,

لِّلَّهِ مُلْكُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ يَخْلُقُ مَا يَشَآءُ ۚ يَهَبُ لِمَن يَشَآءُ إِنَٰثًا وَيَهَبُ لِمَن يَشَآءُ ٱلذُّكُورَ

أَوْ يُزَوِّجُهُمْ ذُكْرَانًا وَإِنَٰثًا ۖ وَيَجْعَلُ مَن يَشَآءُ عَقِيمًا ۚ إِنَّهُۥ عَلِيمٌ قَدِيرٌ

"Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi, Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki. Dia memberikan anak-anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak-anak lelaki kepada siapa yang Dia kehendaki."

"Atau Dia menganugerahkan kedua jenis laki-laki dan perempuan (kepada siapa) yang dikehendaki-Nya, dan Dia menjadikan mandul siapa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa."

Dari ayat di atas dr Aisah Dahlan menjelaskan bahwa bagi para orang tu yang sudah dikaruniakan anak berjenis kelamin laki-laki atau perempuan, itu adalah kehendak Allah SWT yang telah menetapkan. Prinsip inilah yang harus para orang tua selalu pegang teguh.

BACA JUGA:Pentingnya Membentuk Watak Anak, Begini Penjelasan dr Aisah Dahlan tentang Watak Anak dalam Pandangan Islam

BACA JUGA:Tips Parenting dr Aisah Dahlan dalam Mengenal Watak Anak, Apakah Termasuk Introvert, Extrovert, atau Ambivert?

"Karena kadang-kadang masih ada juga orang tua yang menolak anaknya yang laki-laki semua, atau anaknya yang perempuan semua. Begini dan begitu, dan seterusnya," tutur dr Aisah Dahlan menegaskan.

Anak sebagai Amanah

Begitupun dalam menjelaskan konsep anak adalah sebuah amanah, dr Aisah Dahlan juga kembali pada al-Qur'an sebagai pedoman. Diantaranya ada pada awal QS. at-Tharim:6, Allah SWT berfirman,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارً

"Wahai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka..."

Kategori :