Berikut 6 Hal yang Bisa Memperburuk Penyakit Batu Ginjal pada Lansia

Senin 19-02-2024,04:35 WIB
Reporter : Saiful Ibad
Editor : Akhmad Saefudin

BACA JUGA:7 Minuman untuk Menurunkan Kadar Asam Urat, Mampu Menghilangkan Rasa Sakit Sendi akibat Asam Urat

Oleh karena itu, hindarilah makanan cepat saji yang biasanya mengandung garam tinggi. Khususnya makanan kalengan yang mengandung pengawet.

3. Mengonsumsi Obat Tertentu Tanpa Pengawasan Dokter

Mengonsumsi obat tertentu tanpa konsultasi dengan dokter adalah tindakan fatal. Sebab bisa menimbulkan komplikasi yang kronis.

Diantara obat-obatan yang berpotensi memperburuk batu ginjal adalah antasida, antibiotik, obat diuretik. Jenis-jenis obat ini perlu dikonsumsi dengan aturan dosis dokter.

4. Mengonsumsi Makanan Tinggi Protein Hewani

Konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi bisa memperburuk penyakit batu ginjal. Maka tidak disarankan untuk makan daging sapi, makanan laut dan telur berlebihan setiap harinya.

BACA JUGA:Miliki Kandungan Kalsium untuk Tumbuh Kembang Anak, Inilah 6 Manfaat Mengonsumsi Brokoli untuk Anak

BACA JUGA:Cegah Osteoporosis! Inilah 5 Susu Tinggi Kalsium untuk Menguatkan Tulang Lansia Usia 65 Tahun ke Atas

Sebab bila berlebihan hanya akan membentuk batu oksalat pada ginjal. Penumpukan batu oksalat tentu saja akan membentuk batu ginjal.

5. Mengonsumsi Makanan Tinggi Oksalat

Makanan yang tinggi oksalat bisa memicu terbentuknya batu oksalat. Penderita batu ginjal tidak disarankan untuk mengonsumsinya.

Mengonsumsi makanan tinggi oksalat akan memperparah penyakit batu ginjal. Di antara makanan tinggi oksalat yang perlu dibatasi adalah almond, kentang, buah bit, okra, kedelai, dan bayam.

6. Mengonsumsi Suplemen Vitamin C Tanpa Aturan Dokter

Konsumsi suplemen vitamin C bisa memicu pembentukan batu ginjal. Hal ini karena suplemen vitamin C bisa berubah jadi oksalat. 

Sebaiknya jika ingin memenuhi asupan vitamin C, langsung saja konsumsi buah-buahan. Sebab bisa membentuk batu ginjal yang mengakibatkan sakit saat kencing.

Kategori :