Inilah Penyebab Penyakit Gagal Ginjal di Usia Muda yang Harus Kamu Tahu

Rabu 21-02-2024,04:01 WIB
Reporter : Saiful Ibad
Editor : Akhmad Saefudin

Memang tubuh butuh konsumsi daging, namun jumlahnya harus diimbangi dengan makanan sayuran lainnya.

3. Konsumsi Makanan Manis Terlalu Banyak

Gula bisa memicu sakit diabetes dan obesitas. Konsumsi gula yang terlalu banyak juga bisa mengakibatkan penyakit gagal ginjal di usia muda.

Untuk anak muda perlu hati-hati dalam mengonsumsi makanan. Sebab yang kelihatannya tidak mengandung gula, biasanya mengandung gula tinggi.

4. Konsumsi Alkohol

Minuman alkohol adalah perusak organ ginjal. Maka dari itu sebaiknya berhenti minum alkohol agar terhindar dari penyakit gagal ginjal di usia muda.

Kandungan alkohoil bisa merusak fungsi ginjal dalam menyeimbangkan cairan dan natrium. Sehingga sebaiknya hentikan daripada membuat organ tubuh bagian dalam sakit.

5. Duduk Terlalu Lama

Ternyata duduk terlalu lama bisa memiliki kemungkinan risiko sakit gagal ginjal. Meskipun belum diketahui secara pasti durasi berapa yang bikin sakit gagal ginjal.

BACA JUGA:3 Penyebab Penyakit Jantung Koroner pada Lansia 60 Tahun ke Atas yang Wajib Diketahui! Yuk Cegah dari Sekarang

BACA JUGA:6 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Berat Badan dan Meningkatkan Kesehatan Jantung

Namun perlu diperhatikan karena duduk yang lama bisa berdampak pada kesehatan ginjal. Maka dari itu penting untuk berolahraga.

Sebab dengan berolahraga dapat menurunkan risiko sakit gagal ginjal. Serta mencegah terjadinya peningkatan gula dalam tubuh.

6. Sering Begadang

Buat kamu yang sering begadang, awas bisa menderita sakit gagal ginjal. Hal ini karena begadang bisa mengacaukan siklus tidur. 

Sangat disarankan untuk tidur pada malam hari. Sebab tidur akan memulihkan kembali organ tubuh yang rusak.

Kategori :