Fresh Graduate Tak Perlu Minder! Ini 5 Cara Tampil Percaya Diri Saat Pertama Kali Wawancara Kerja

Sabtu 24-02-2024,07:15 WIB
Reporter : Ana Miratus Sholekhah
Editor : Dony Widyo

Selain persiapan substansial, kamu juga tidak boleh melewatkan power pose untuk ditampilkan di depan recruiter.

Dalam hal ini, power pose muncul dari pembicaraan TED dari profesor Harvard Business School Amy Cuddy pada tahun 2012, yang mengatakan bahwa power posing dapat mengubah kadar testosteron dan kortison di otak, sehingga menanamkan lebih banyak kepercayaan diri.

Ini merupakan cara yang baik agar kamu bisa tampil percaya diri saat pertama kali wawancara kerja. Kamu bisa melatihnya dengan berdiri tegak, meletakkan tangan di pinggul, lalu memiringkan dagu dengan tegas selama sekitar dua menit.

Gunakan pakaian terbaik dan bikin nyaman

Kepercayaan diri juga bisa hadir dari apa yang kamu kenakan. Oleh karenanya, jika kamu ingin tampil percaya diri saat pertama kali wawancara kerja, tampilan dengan busana yang membuatmu merasa enak dipandang dan nyaman.

Tidak hanya untuk kenyamanan dan kepercayaan dirimu, mengenakan pakaian yang nyaman dan baik juga akan memberikan kesan yang bagus recruiter terhadapmu. Bahkan, pakaian tertentu juga bisa membuatmu terlihat lebih cerdas.

Atur pernapasan

Hal terakhir dalam artikel ini yang bisa kamu lakukan untuk bisa tampil percaya diri saat pertama kali wawancara kerja adalah dengan mengatur pernapasan.

Kamu bisa menggunakan teknik-teknik pernapasan untuk membuat dirimu lebih tenang dan mengusir rasa cemas, gugup, dan emosi negatif lainnya.

Dengan menggunakan teknik pernapasan yang tepat, bisa membuatmu mengendalikan diri dengan lebih baik.

Kamu bisa menarik nafas dalam-dalam, lalu hembuskan perlahan. Dengan demikian, pasokan oksigen ke otak bisa kembali normal dan kamu bisa kembali percaya diri melanjutkan wawancara.

Kepercayaan diri merupakan sesuatu yang bisa dibentuk, itulah yang perlu kamu tahu sebagai fresh graduate yang ingin melamar pekerjaan.

Dengan menggunakan cara-cara di atas, kamu bisa membuat dirimu tampil percaya diri saat pertama kali wawancara kerja dan mendapatkan hasil wawancara yang lebih optimal. (*)

Kategori :