5 Tips Hidup Bahagia Menurut Orang Finlandia, Bisa Coba Diterapkan Nih!

Kamis 29-02-2024,04:00 WIB
Reporter : Maiyang Resmanti
Editor : Ainul Atho

Budaya yang kental di Finlandia salah satunya adalah budaya saling menjaga satu sama lain, bekerja sama, dan menanamkan bahwa kolaborasi sangatlah penting. 

Biasanya, orang-orang Finlandia melakukan pertemuan dalam suatu kegiatan tertentu. Kegiatan yang mereka lakukan bertujuan untuk mempererat hubungan sosial sehingga antarindividu tidak merasa sendiri. 

Mengikuti komunitas tertentu juga berdampak positif, salah satu manfaatnya adalah baik untuk kesejahteraan mental. 

BACA JUGA:2 Kunci yang Bisa Bikin Hidup Bahagia Selamanya Menurut Dr. Fahruddin Faiz

BACA JUGA:Amalan Khusus Supaya Hidup Penuh Kebahagiaan dan Tanpa Masalah, Gus Iqdam: Semua Urusan Diselesaikan Pusat

Kebersamaan yang mereka rasakan dapat menciptakan lingkungan yang saling mendukung. Oleh karena itu, antarindividu merasa diterima dan didengar. 

3. Seimbang Antara Pekerjaan dan Kehidupan 

5 tips hidup bahagia menurut orang Finlandia selanjutnya adalah seimbang antara pekerjaan dan kehidupan. Orang Finlandia memiliki pilar utama yang membuat mereka selalu bahagia, yakni work-life balance. 

Lingkungan kerja yang relatif fleksibel membuat orang-orang Finlandia bisa mengatur kehidupan pekerjaan dan kehidupan pribadi dengan baik. 

Misalnya, di Finlandia, banyak perusahaan yang memiliki kebijakan yang memungkinkan seorang ayah untuk mengambil cuti merawat anak. Kebijakan ini cukup membantu keseimbangan antara keluarga dan pekerjaan. 

BACA JUGA:Di Tengah KetidakPastian, Begini 3 Cara Hidup Tenang dan Bahagia Agar Kamu Tidak Mudah Stres

BACA JUGA:Hidup Jadi Lebih Tenang dan Bahagia, 3 Cara Hidup Menurut Zen yang Bisa Kamu Terapkan Mulai Sekarang

Tidak hanya itu, biasanya orang-orang Finlandia menghabiskan weekend mereka dengan kegiatan positif, seperti berjalan di hutan, bersepeda, berenang di danau, dan lain sebagainya. 

4. Memegang Teguh Konsep Sisu 

Konsep Sisu adalah konsep yang mencerminkan tekad kuat dan ketekunan. Konsep ini diyakini bisa membuat mereka tetap bertahan dan selalu berkembang meski dalam situasi yang tidak memungkinan. 

Konsep Sisu berfungsi sebagai katalisator seseorang untuk selalu bersikap positif dalam kondisi apapun. Contohnya, apabila di tempat kerja kita mendapati tekanan atau permasalahan yang cukup serius. Konsep Sisu mengajarkan kita untuk selalu tenang dan fokus terhadap solusi. 

Kategori :