Lantik Persatuan Guru Nadhlatul Ulama, Suyono Titip Pembangunan Pendidikan Islami

Senin 27-01-2020,10:45 WIB

Disela-sela pelantikan Perganu, Wabup Suyono memberikan santunan pada anak yatim.

Batang - Lahirnya Persatuan Guru Nadhlatul Ulama (Pergunu) di Kabupaten Batang, diharapkan dapat meningkatkan pembangunan pendidikan berbasis islami.

Mengingat pendidikan adalah sentral pembangunan yang berimbas pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), terlebih untuk saat ini Pemkab Batang sedang berusaha untuk meningkatkan SDM yang saat ini berada pada posisi bawah.

"Pergunu adalah bagian profesi yang mulia, guru harus mendidik dan mencerdaskan generasi muda baik secara kognitif, afektif maupun psikomotorik. Saya berharap dengan dilantiknya Pergunu ini dapat menekankan siswa-siswinya ke pendidikan berbasis islam, yakni membentuk kepribadian anak susuai dengan ajaran islam untuk menjadiakan benteng dari hal-hal negatif," ujar Wakil Bupati Batang, Suyono pada pelantikan pengurus cabang Pergunu Kabupaten Batang, di Subah, Sabtu (26/1/20).

Wakil Bupati Suyono berharap Pergunu mampu melahirkan generasi bangsa yang kental akan ajaran islam, berakhalakul karimah, bersifat nalar dan memiliki budi pekerti yang baik. "Pendidikan budi pekerti harus menjadi mata pelajaran utama dalam lingkup pendidikan di Nadhalatul Ulama, sesuai dengan apa yang diajarkan di Pondok Pesantren, karena zaman sekarang sudah krisis pendidikan budi pekerti," tegasnya.

Suyono menambahkan, aset terbesar bangsa adalah minat dan bakat para generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, semua pihak harus bersama-sama mencerdaskan para generasi bangsa, sehingga mampu membawa bangsa ini menjadi bangsa yang bermartabat.

Ketua PC Pergunu Kabupaten Batang, Yayan mengatakan, Pergunu sebenarnya sudah lahir di Batang, namun saja belum bergerak. Usai pelantikan ini para pengurus harus segera merumuskan program-program dimasing satuan kerja, serta mengikuti seminar untuk guru terkait pendidikan berbasis islam.

"Dengan diadakan pelantikan ini, harapannya para pengurus Pergunu akan aktif bergerak menunjukan exsistensinya di lingkup pendidikan Kabupaten Batang yang outputnya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, " katanya.

Yayan mengajak semua guru yang berada dilingkup pendidikan NU untuk bersama-sama bangkit mengembangkan pendidika berbasis islam yang berkualitas di Kabupaten Batang, mulai dari taman pendidikan kanak-kanak hingga jenjang yang lebih tinggi. (don/hmb)

Tags :
Kategori :

Terkait