Lebih Cepat Matang! Begini 5 Cara Rebus Kacang Hijau Agar Cepat Empuk dan Hemat Gas

Kamis 30-05-2024,05:18 WIB
Reporter : Nadia Rahmasari
Editor : Dony Widyo

Cara rebus kacang hijau agar cepat empuk dan hemat gas kedua adalah dengan metode 5-30-7. Ada beberapa bahan-bahan yang perlu dipersiapkan sebelum masuk ke detail teknik merebus kacang hijau.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

250 gram kacang hijau

3 lembar daun pandan

1 liter air

3. Cara Rebus Kacang Hijau dengan dengan Api Sedang

Cara rebus kacang hijau agar cepat empuk dan hemat gas ketiga adalah dengan api sedang. Cara ini merupakan instruksi selanjutnya dari metode 5-30-7 tadi. 

Rebus air sampai benar-benar mendidih. Lalu, tambahkan kacang hijau dan daun pandan. Apabila tidak dalam keadaan benar-benar mendidih, maka kacang hijau akan menjadi keras setelah dimasak.

BACA JUGA:Tampil Manis Tapi Ekonomis dengan Smartwatch Berkualitas Harga 400-500 Ribuan, Tawarkan Beragam Fitur Menarik

BACA JUGA:Bingung Pilih Hewan Kurban? Begini Tips Memilih Hewan Kurban yang Benar menurut Islam

Perlu diketahui bahwa sangat penting untuk menggunakan panas yang tepat ketika merebus kacang hijau. Oleh karena itu, gunakan api sedang karena jika memakai api kecil dapat memakan waktu terlalu lama untuk dimasak.

Sementara, api besar dapat menyebabkan masakan tidak merata. Kemudian, setelah kacang hijau dimasukkan ke dalam air mendidih, rebus dengan api sedang selama 5 menit.

Jika sudah 5 menit, matikan kompor.

4. Biarkan Kacang Hijau Selama 30 Menit

Cara rebus kacang hijau agar cepat empuk dan hemat gas keempat adalah biarkan kacang hijau selama 30 menit. '30' dalam metode 5-30-7 mempunyai arti untuk meninggalkan makanan dalam panci tertutup selama 30 menit. 

BACA JUGA:Hukum Orang yang Masih Punya Banyak Utang, Bolehkah Berkurban?

Kategori :