Bid Dokkes dan Propam Polda Jateng Tes Urine Dadakan Ratusan Personel Polres Pekalongan Kota, Ini Hasilnya

Rabu 24-07-2024,12:32 WIB
Reporter : Wahyu Hidayat
Editor : Wahyu Hidayat

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.CO.ID - Bid Dokkes bersama Bid Propam Polda Jateng dan Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat II Semarang menggelar tes urine dadakan terhadap ratusan personel Polres Pekalongan Kota di Mapolres setempat, Rabu, 24 Juli 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pencegahan dan deteksi dini penyalahgunaan narkoba oleh anggota kepolisian.

Dalam tes urine ini, satu persatu anggota Polres Pekalongan Kota secara acak diminta menyerahkan sampel urinnya.

Pengambilan sampel urine dari masing-masing personel ini diawasi secara ketat oleh anggota Bid Propam, dipimpin Gartib II Bidpropam Polda Jateng, Iptu Mudai.

BACA JUGA:Anggota Satuan Narkoba dan Turjawali Satlantas Polres Pekalongan Jalani Tes Urine, Inilah Hasilnya

BACA JUGA:74 Polisi Dites Urine Mendadak

Sampel urine yang sudah dimasukkan dalam wadah khusus lalu langsung diperiksa oleh tim Dokkes Kepolisian dari Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat II Semarang, didampingi anggota Bid Propam Polda Jateng dan Propam Polres Pekalongan Kota.

Dalam waktu kurang lebih 1 menit, hasilnya langsung dapat diketahui melalui alat tes khusus. Alat tes narkoba tersebut mencakup 6 parameter narkoba, yakni Amphetamine, Morphine, Mariyuana, Coccain, Methamphetamine, dan Benzodiapine.

Kaur Yan Dokpol Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat II Semarang, dr. Raditya Kusuma Putra, menjelaskan dari hasil tes urine tersebut, kesemua personel Polres Pekalongan Kota yang diperiksa sampel urinenya dinyatakan negatif narkoba.

"Alhamdulillah hasilnya semuanya negatif narkoba. Sesuai rencana, kegiatan seperti ini akan kami adakan di seluruh Polres di wilayah hukum Polda Jateng," kata dia.

"Untuk anggota yang sudah diperiksa, kami ucapkan terima kasih. Tetap semangat dalam bertugas dan jauhi narkoba!" imbaunya.

Sementara itu, Kasie Propam Polres Pekalongan Kota Iptu Ali Sunyoto mengatakan pada tes urine kalo ini diikuti oleh 117 personel.

"Alhamdullah dari tes urine Dokkes Polda Jateng, negatif semua," ujarnya.

BACA JUGA:8 Pengedar dan Pengguna Narkoba di Kota Pekalongan Ditangkap, BB 41 Gram Sabu, 61 Gram Ganja, 7 Riklona

Dia menyatakan bahwa pemeriksaan semacam itu rutin diadakan oleh Polda Jateng terhadap semua anggota Polres setiap tahunnya.

Kategori :